Saturday, September 3, 2011

Tips Bisnis Online Profesional

Bisnis online yang kian marak dewasa ini, menuntut setiap pelaku usaha dunia maya baik yang telah lama menggeluti maupun yang baru untuk selalu mengedepankan sikap profesional demi kesuksesan yang dapat diraih.

Banyaknya kompetitor maupun maraknya program bisnis online yang tersedia merupakan beberapa hal yang menuntut sikap profesional tersebut.

Menghadapi area tanpa batas dan tipikal orang yang berbeda juga merupakan beberapa alasan tambahan bagi sikap profesional pelaku bisnis online.

Seperti halnya bisnis di dunia nyata, bisnis di dunia maya pun memiliki beberapa kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi untuk berhasil.

Nah, berikut beberapa tips untuk sukses dan profesional menjalankan bisnis online :

1. Jujur.

Kejujuran adalah pondasi kuat bagi bisnis online yang anda jalankan.

Mengapa demikian?

Karena dunia maya tidak memiliki sekat sehingga peluang anda bertemu banyak orang dari berbagai negara terbuka luas.

Tidak adanya syarat khusus yang diwajibkan dalam bisnis online, selain transaksi keuangan dan konektifitas langsung, memungkinkan setiap orang melakukan apapun kecuali jika anda menggunakan kamera untuk teleconference.

Namun, hal tersebut jarang dijumpai karena tidak semua konsumen memilikinya, sedangkan salah satu keuntungan bisnis online adalah kemudahan dan kecepatan akses informasi.

Nah, kejujuran akan membuka pintu kepercayaan bagi orang lain. Karena modal kepercayaan adalah aset dasar yang dimiliki untuk berbisnis di dunia maya.

Hal ini pula lah yang menyebabkan pelaku bisnis online yang jujur akan mendapatkan keuntungan tidak langsung yaitu bertambahnya konsumen.

Sebab setiap konsumen atau pihak yang berbisnis dengan anda akan memberikan apresiasi positif di media maya mereka sendiri atau orang lain sehingga bisnis online anda mendapatkan integritas dari pengguna internet.

Jika sudah demikian, anda tidak perlu repot-repot meyakinkan pihak lain untuk berbisnis dengan anda.

2. Jelajah.

Nah, tips kedua ini wajib dilakukan jika anda ingin profesional dan berhasil di bisnis online.

Setiap harinya selalu ada orang baru yang memasuki dunia maya, dan itu adalah kesempatan anda untuk menggaet konsumen baru. Tetapi jelajah tidak hanya berorientasi pada konsumen baru, namun juga menjaga kelangsungan bisnis online anda.

Pihak yang berbisnis dengan anda tentunya ingin mendapatkan informasi baru dari anda setiap saat. Meskipun tidak setiap hari.

Karena hanya dengan selalu menjelajah bisnis online yang anda jalankan akan selalu terakses dan terinformasikan ke setiap orang.

Cara komunikasi seperti ini akan membuat anda terkenal diantara pengguna internet lainnya, dan pengakuan dari banyak pengguna internet adalah salah satu penentu tingkat dan kualitas kredibilitas bisnis online yang anda miliki.

Jelajah juga mampu menjadi cara anda untuk memperkaya pengetahuan karena perkembangan yang ada di dunia maya senantiasa terjadi.

Menjadi pelaku bisnis yang up to date adalah salah satu bentuk profesionalitas yang dapat anda berikan pada konsumen.

3. Jejaring.

Jejaring atau jaringan adalah hal tambahan yang harus anda miliki jika ingin menambah daya saing bisnis online anda.

Jaringan yang anda ikuti akan membuka kesempatan memperluas bisnis sekaligus berbagi pengalaman dan ilmu bisnis yang dapat meningkatkan kualitas bisnis online yang anda jalankan.

Dengan memiliki jejaring pula anda dapat mendapat backing-up terhadap bisnis yang anda jalankan, terlebih jika jejaring yang anda miliki adalah komunitas yang sama dengan bisnis online yang anda lakukan.

Pentingnya memiliki jaringan juga karena jaringan sebagai langkah anda dalam membangun kekuatan bisnis anda di dunia maya.

Semakin banyak jaringan dan pihak yang terhubung, maka semakin besar pula kesempatan anda dalam memperbesar bisnis anda.

Profesionalitas tidak hanya dimiliki orang berdasi atau berjas, tetapi sikap bisnis yang baik dan bertanggungjawablah yang menentukan.

Nah, semoga konsep profesionalitas 3J di atas bisa melancarkan dan meningkatkan bisnis online anda. Selamat bekerja!

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/tips-bisnis-online/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP