Sunday, July 31, 2011

Tips Mencari Peluang Bisnis

Dengan begitu banyak peluang bisnis di sekitar kita, bagaimana cara mencari peluang yang tepat? Di artikel ini kami akan membagikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu Anda.

1. Kenali bakat dan minat Anda. Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Karena itu akan sangat membantu bila Anda lebih dulu mengenali kekuatan yang Anda miliki. Bakat apakah yang Anda miliki? Apakah minat Anda? Dua hal ini membantu Anda untuk menyaring berbagai peluang yang ada sehingga Anda dapat memilih yang peluang sesuai untuk diri Anda. Karena itu, ambillah waktu untuk lebih dulu mengenali diri. Ada baiknya juga Anda meminta pendapat dari orang-orang yang dekat dengan Anda sehingga Anda memperoleh perspektif yang lebih kaya.

2. Perhatikan usaha-usaha yang ada di lingkungan Anda. Untuk memulai mencari peluang, tidak perlu jauh-jauh. Anda dapat memulai dengan melihat lingkungan Anda sendiri. Usaha-usaha apa sajakah yang ada di lingkungan Anda? Usaha manakah yang berkembang dengan baik dan manakah yang tidak? Dengan mengenali usaha yang sudah ada, Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang karakteristik lingkungan Anda. Anda juga melihat berbagai pilihan jenis usaha yang ada. Mungkin ada yang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan.

3. Perhatikan kebutuhan masyarakat. Mungkin Anda pernah memperhatikan seseorang (atau diri Anda sendiri) mengeluh tentang suatu hal. Keluhan-keluhan semacam ini merupakan indikasi bahwa ada kebutuhan yang belum terjawab. Apakah Anda dapat menawarkan solusi yang lebih baik? Jika jawabannya adalah ya, ada kemungkinan hal itu merupakan peluang usaha yang baik bagi Anda.

4. Bacalah majalah dan buku bisnis. Jangan membatasi diri hanya dengan apa yang ada di lingkungan Anda. Jangkaulah lebih jauh dengan membaca majalah-majalah dan buku bisnis. Seringkali Anda dapat memperoleh ide yang menarik dengan cara itu. Mungkin ada suatu jenis usaha yang telah berhasil diterapkan di tempat lain namun belum ada di lingkungan Anda. Mungkin juga Anda melihat ada trend baru yang sedang berkembang. Jika Anda jeli, sangat mungkin Anda akan memperoleh peluang usaha sampingan yang baik dan menjanjikan.

Singkatnya, kenalilah diri Anda dan buka mata lebar-lebar. Banyak peluang bisnis yang menanti Anda.

Sumber : http://peluangbisnissampingan.com/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP