Saturday, February 18, 2012

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Anda ingin meningkatkan produktivitas kerja? Ingin memiliki waktu luang banyak untuk melakukan aktivitas lain yang anda sukai, sekaligus menggenjot prestasi dalam karir anda. Fokus pada cara-cara mudah di bawah ini untuk bekerja cerdas dan cepat menyelesaikan pekerjaan di kantor. Dikutip dari Men’s Health, selamat membaca.

1. Ngobrol dengan rekan kerja anda
Gunakan waktu sekitar 15 menit setiap hari untuk mengobrol dengan rekan kerja anda tentang pertandingan bola semalam, kabar keluarganya, atau tentang apa saja. Sebab orang-orang yang berada di lingkungan kerja itu lebih baik dalam berkomunikasi (ini berarti bagus untuk produktivitas, bagus untuk membina hubungan dengan bos yang berdampak positif pada karir anda).

2. Berdiri ketika anda menerima panggilan tugas lewat telepon
Menurut Lyle Sussman, profesor bidang manajemen Universitas Louisville di Kentucky. “Ketika anda berdiri saat menerima panggilan telepon, anda akan lebih cepat-tanggap memahami inti percakapan.” ucapnya.

3. Berangkat 45 menit lebih awal dan pulang 15 menit lebih lama
Rubah kebiasaan anda untuk berangkat ke kantor 45 menit lebih awal dan pulang 15 menit lebih lama untuk merencanakan sesuatu yang akan dikerjakan besok. Selain untuk menghindari macet di jalan anda berkesempatan menghirup udara pagi yang sehat, dan 15 menit sebelum pulang untuk merencanakan pekerjaan yang harus dikerjakan besok. Niscaya anda akan mengalami peningkatan produktivitas dalam bekerja.

4. Mainkan musik favorit anda di kantor
Peneliti menyimpulkan bahwa pekerja yang mendengarkan musik favoritnya di tempat kerja dapat meningkatkan performa dan produktivitas hingga 10%. Karena musik itu dapat menghasilkan mood yang baik sekaligus mengalihkan kebisingan rekan-rekan anda yang sedang mengobrol di sekitar.

5. Segera bertindak ketika anda mendapat pesan
“Kalau anda berpikir dapat menyelesaikan tugas dalam 2 menit, segera laksanakan.” kata David Allen, penulis buku Getting Things Done. Anda juga seharusnya dapat memanfaatkan fitur “Delete” untuk mengatur semua pesan masuk yang sudah dibereskan.

6. Bawa bola tenis ke kantor
Ketika anda membaca, remas bola tenis dengan tangan kanan. Hal ini dapat menstimulasi otak kiri anda, sehingga dapat memproses kata-kata dengan lebih baik. Sebaliknya ketika anda melihat cetak biru atau instruksi dengan diagram, remas bola tenis dengan tangan kiri anda. Ini membantu otak bagian kanan anda untuk memvisualisasikan gambar dengan lebih baik.

7. Meeting sambil berdiri
Anda bisa mencoba untuk meeting sambil berdiri. Hilangkan semua kursi dari ruangan, maka setiap orang yang mengikuti meeting akan berhenti mengobrol dan fokus untuk mendengarkan sekaligus mudah membuat solusi.

Sumber : http://gilangramadhan.info/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP