Sunday, December 25, 2011

Fungsi Fungsi Manajemen Strategi

Pada Artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dan urgensi manajemen strategi. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Fungsi Fungsi Manajemen Strategi. Untuk membuat perencanaan strategis, maka kita membutuhkan fungsi langkah langkah penting sebagai berikut :
* Analisa lingkungan/situasi dan kondisi
* Identifikasi isu isu strategis
* Merumuskan visi dan misi ke depan
* Pemilihan strategi (perencanaan strategi dan scenario)
* Membuat perencanaan jangka menengah dan pendek
* Membuat system implementasi
* Membuat system review dan evaluasi

Untuk kajian lebih lanjut, maka dapat dilihat model manajemen strategis menurut Wheelen-Hunger dan Model Structure and Prosess of Business Companywide Planning model Burhan N.

Kalau seorang pemimpin ingin membuat agar impiannya benar benar terwujud, maka ia selain merumuskan impian tersebut juga harus mengetahui situasi dan kondisi yang mempengaruhi terwujudnya impian tersebut. Faktor dari luar dan kondisi internal organisasi harus diperhatikan dan dikendalikan dengan baik.

Faktor kondisi sebelum merencanakan sangat mutlak diperlukan (plan to plan). Seorang pemimpin harus memiliki informasi yang cukup sebelum membuat perencanaan. Pemimpin harus menggali berbagai pemikiran, ide dan keiinginan dari seluruh staf yang ada, sehingga kolaborasi total keinginan akan lebih valid dan solidnya gagasan masa depan.

Seorang pemimpin harus mulai mendengar laporan yang valid, mengetahui realitas social dengan benar, tidak hanya laporan yang positif saja. Semua informasi dilakukan validasi dengan melakukan chross check dari pihak yang terkait. Hasil perencanaan strategis harus mampu melahirkan langkah langkah strategis dan tersusun sistematis yang dapat menghantarkan pada tujuan yang diharapkan.

Beberapa alat alat manajemen yang digunakan untuk analisa lingkungan dapat menggunakan matrik analisa SWOT, matrik exsternal factors evaluation (EFE) dan internal matrik evaluation (IFE) APLIKASI, matrik competitive profile (CP), matrik strategic position and action evaluation (SPACE), matrik Boston Consulting Group (BCG) dan lainlain. Untuk kajian lebih lanjut disarankan membaca buku Strategic Management in Action Husain Umar atau buku lain yang mendukung.

Sumber : http://wawanherdianto.com/2011/01/02/fungsi-fungsi-manajemen-strategi/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP