Sunday, November 6, 2011

Social Media Meningkatkan Pemasaran Usaha Kecil

Social Media seperti Facebook, Twitter dan lain-lain menjadi media paling fenomenal saat ini. Jangkauan pengguna media ini meliputi banyak segmen kehidupan masyarakat. Keuntungan bisnis social media tidak hanya dinikmati oleh pengelolanya namun dirasakan oleh banyak pengguna. Dari mulai keuntungan yang sifatnya sekedar bertemu dengan kawan-kawan lama hingga melejitnya bisnis gara-gara memanfatkan media yang satu ini. Dalam dunia bisnis tidak hanya perusahaan besar saja yang menikmati manisnya social media, bisnis usaha kecil (UKM) banyak diuntungkan karena bisa memanfaatkan social media.

Salah satu pelaku bisnis online yang berjualan produk dari kain perca menuturkan, pemesanan melalui facebook jauh lebih banyak dibandingkan melalui meski toko online yang telah lebih dulu dirintisnya. Sumbangan social media bagi pemasaran produk usaha kecil cukup besar.

Media social menawarkan suasana emosional antara pembeli dan penjual. Tidak hanya informasi yang diperoleh secara lengkap namun juga terjalin kepercayaan yang cukup kuat.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa social media telah meningkatkan kinerja dari bisnis dan 90 persen responden menganggap social media penting untuk bisnis mereka. Manfaat utama yang diperoleh dari social media adalah brand awareness.

Dari penelitian tersebut, manfaat lain yang diperoleh responden dari social media bagi UKM adalah:
* Meningkatkan Traffic – 72 persen
* Peningkatan Pencarian Peringkat – 62 persen
* Kemitraan Baru – 59 persen
* Peningkatan Penjualan – 48 persen
* Pengurangan Biaya Pemasaran – 59 persen untuk wiraswasta persen, 58 untuk UKM
* Dua kali lebih mungkin untuk menemukan prospek yang berkualitas

Melalui media sosial dan alat seperti Twitter, Facebook dan blogging dia mampu menjangkau dan membangun kesadaran tidak seperti sebelumnya.

Meski social media menjadi wahana untuk meningkatkan pemasaran usaha kecil, ada prasarat yang harus dipenuhi bagi marketing. Setiap marketing harus selalu intensif melakukan monitoring aktivitas di social media. Tidak mengenal waktu dan jam kerja. Kehidupan social media selalu up to date. Maka anda harus stand by di social media jika ingin sukses.(Galeriukm).

Sumber : http://galeriukm.web.id/teknologi/social-media-meningkatkan-pemasaran-usaha-kecil

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP