Monday, June 27, 2011

Arti Penting Kreatifitas Dalam Bisnis Usaha Kecil

Kreatifitas di dalam mengembangkan bisnis merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar bisnis senantiasa eksis dan selalu bergerak maju. Kreatifitas tidak selalu pada hal-hal yang bersifat high tech atau menggunakan piranti yang canggih. Kreatifitas adalah menciptakan sesuatu yang unik namun menjadi daya tarik tersendiri bagi sasaran bisnis kita. Kreatifitas sesungguhnya modal usaha yang murah namun memiliki daya dongkrak tinggi terhadap kemajuan bisnis. Karena itu penting bagi pengembangan usaha kecil untuk selalu mengasah kreatifitas dalam bisnis. Cerita dua sekawan Arielle Eckstut dan Jonah Staw yang sukses mengembangkan bisnis besar missmatched socks (kaus kaki kiri-kanan beda) bisa menjadi inspirasi bisnis kita.

Alkisah pada suatu kesempatan mereka makan malam pada tahun 2003. Setelah makan mereka bergurau. Menjelang pulang, Staw kehilangan sebelah kaus kakinya (karena selama makan mereka melepas kaus kaki). Namun ia menemukan kaos kaki lain yang berbeda motif.

Lama mereka mencari ke mana kaus kaki Staw perginya, namun tak juga ketemu. Satu-satunya solusi adalah memakai kaus kaki itu kendatipun motifnya beda.
Sampai di rumah Staw masih memikirkan kaus kaki berbeda motif itu. Ia malah membayangkan seorang gadis kecil memakai kaus kaki berbeda motif kiri-kanan dengan gayanya.

Dari situlah ide memasarkan missmatched socks (kaus kaki kiri-kanan beda) muncul. Lalu bersama seorang teman lainnya, Jason Dorf, ketiganya merealisasikan ide itu dengan mendirikan LittleMissMatched. Melalui perusahaan ini mereka menjual kaus kaki dalam kemasan 3 kaus kaki (bukan sepasang) dan tujuh kaus kaki sehingga memudahkan pembeli mengganti-ganti pasangannya kala memakainya. Pada saat itu mereka sudah membuat 134 desain. Mereka memasarkan kaus kaki itu untuk anak perempuan usia 8-14 tahun.

Pada tahun pertama, kaus kaki dagangan mereka terjual laris manis. Staw bersama Rckstut dan Dorf bahkan bisa membukukan omset hingga 5 juta dollar AS. Tiga tahun kemudian omsetnya bisa mencapai 25 juta dolar AS. Sekarang, mereka tak hanya menjual kaus kaki. Mereka sudah menjual aneka produk mulai dari kaus kaki, sandal, hingga sprei. Sekarang barang-barangnya tersebar di lebih 3000 outlet di Amerika Serikat.

Menarik bukan? dari hal-hal sepela yang mendapat sentuhan kreatifitas mampu menjadi bisnis yang memberikan keuntungan besar.(Galeriukm).

Sumber: Andriwongso Team
http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/arti-penting-kreatifitas-dalam-bisnis-usaha-kecil

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP