Tuesday, June 28, 2011

Apakah yang membuat seorang pemimpin hebat

Selama bertahun-tahun, banyak orang yang membicarakan atau menulis tentang apa saja yang membuat seseorang menjadi pemimpin yang hebat. Mereka membuat sebuah kesimpulan yang diambil dari orang ternama dan terkenal dari masa lampau maupun masa kini.

Kita bisa belajar banyak dari pemimpin-pemimpin yang hebat di bidang politik, filsuf, atau wirausahawan, dan banyak lagi.

Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda, berikut ini adalah 9 contoh kemampuan yang membuat seseorang menjadi pemimpin hebat:

1) Kegigihan
Seorang pemimpin mempunyai kegigihan yang tidak akan habis. Dia adalah orang yang pertama yang mencetuskan sebuah ide dan yang terakhir yang akan menyerah. Karena kegigihannya, sebuah proyek bisa terealisasi.

2) Fleksibel
Yang membuat seorang pemimpin hebat adalah kapasitasnya untuk beradaptasi dalam situasi apapun. Dia bisa melihat dari sudut yang berbeda dan bisa menyesuaikan diri.

3) Kreatifitas
Kreatifitas adalah faktor yang sangat penting untuk seorang pemimpin. Kreatifitas bukan hanya seni dan keindahan, tetapi kreatifitas adalah bagaimana anda bisa memecahkan sebuah masalah atau tantangan dengan menggunakan seefektif munkin waktu, uang dan tenaga.

4) Kepercayaan diri
Tanpa kepercayaan diri, bagaimana seorang pemimpin bisa membuat orang atau tim kerja mengikutinya? Tetapi ingatlah bahwa ada perbadaan antara percaya diri dan sombong.
Dalam arti, seorang pemimpin yang percaya diri akan selalu percaya bahwa dia bisa dan juga orang lain atau tim kerjanya juga bisa.

5) Bersikap Positif
Seorang pemimpin akan selalu memberi yang terbaik di dalam bidang apapun.

6) Bertanggung jawab
Tanggung jawab itu, ibarat sebuah pisau dengan mata ganda. Untuk seorang pemimpin yang hebat, apapun yang terjadi di team kerjanya (baik maupun buruk) adalah tanggung jawabnya.

7) Mempunyai communication skill yang bagus
Mempunyai communication skill yang bagus adalah sebuah kekuatan. Sebagai seseorang pemimpin, Anda harus bisa melihat apaun yang terjadi.
Dan satu hal yang membuat seseorang pemimpin hebat adalah caranya berkomunikasi secara efektif dengan team kerjanya dan bisa menyatukan visi kerja.

8) Konsisten
Pemimpin yang hebat adalah seseorang yang konsisten, ia bisa mengambil tindakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya satu demi satu.

9) Melihat kedepan
Sebagai pemimpin yang tangguh, Anda perlu mempunyai kemampuan untuk mengestimasi kedepan berjalannya sebuah tugas atau proyek.

Jadi menurut Anda, apa yang membuat seseorang pemimpin hebat? Anda memang tidak perlu mempunyai semua kualitas tersebut, tetapi Anda harus bisa mengembangkan beberapa, lebih banyak akan lebih baik.

Sumber : http://www.cicikresticonsultant.com/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP