Thursday, October 14, 2010

Inovasi Model Bisnis (Business Model)

Inovasi yang paling memiliki dampak besar dalam bisnis adalah inovasi pada bisnis model. Meski secara sekilas, inovasi paling kuat adalah di bidang teknologi tetapi inovasi teknologi baru memiliki dampak bila menemukan model bisnis yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa model bisnis yang sedang fenomenal.

1. Model bisnis franchise. Meski model bisnis franchise telah bertahun-tahun ditemukan tetapi saat ini semakin kuat menjadi landasan. Franchise besar yang sering kita kenal adalah semacam Mc Donald, KFC, dan Coca Cola.

Saat ini franchise juga berkembang untuk bisnis-bisnis kecil. Lihatlah sekali waktu pameran AFI (Asosiasi Franchise Indonesia). Di sana kita akan menemukan puluhan tawaran franchise yang nilai investasinya hanya beberapa atau belasan juta rupiah.

Model bisnis franchise memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya nama besar, network, dan kelenturan.

2. Model Bisnis Freemium. Model bisnis ini tampak seperti plesetan dari premium. Tetapi dengan masuknya era digital, model bisnis freemium memiliki keunggulannya sendiri.

Model bisnis freemium memberikan layanan atau produk free kepada pelanggannya. Lalu dari mana mereka memperoleh uang?
Tentu mereka memperoleh uang dari sumber lain. Salah satu sumber utama tentu saja iklan.

Google adalah salah satu contoh bisnis freemium yang sukses. Kita menggunakan jasa google benar-benar free atau gratis. Tetapi semakin banyak pengguna, yang gratisan itu, maka google semakin untung. Pendapatan google adalah dari iklan yang dibayar pemasang dengan hitungan pay per click.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP