Thursday, August 12, 2010

Strategi Pemasaran Internet Dengan Cara Memanfaatkan Blogger Pemula

Sebelum masuk ke pokok masalah tentang strategi pemasaran melalui internet (internet marketing strategy), ada baiknya kita mengetahui sedikit definisi singkat tentang Internet Marketing / Pemasaran Internet yang berarti adalah usaha atau cara untuk mempromosikan produk / barang atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medianya, jadi intinya adalah pemasaran yang dilakukan secara online.

Cara untuk melakukan pemasaran melalui internet biasanya meliputi e-mail marketing, SEM (Search Engine Marketing), Social Bookmarking, Pemasaran lewat Iklan PPC, dan lain sebagainya.

Sedangkan Marketing Strategy adalah segala upaya dan taktik bagaimana para pelaku bisnis online dalam hal ini adalah para marketer untuk mengimplementasikan pemasaran internet tersebut supaya berhasil alias produk ataupun jasa yang ditawarkan menghasilkan terjadinya tingkat penjualan yang tinggi (laku).

Marketing Strategy atau strategi pemasaran yang saya maksud dengan memanfaatkan blogger pemula adalah upaya dimana para pemilik produk atau jasa tersebut mengadakan sebuah KONTES baik mengambil tema berkedok SEO (Search Engine Optimization) maupun kontes review. (Sebenarnya ini adalah teknik atau strategi marketing gaya baru / tetapi sudah lama sich? mungkin karena saya saja yang baru tau..?) tapi, selagi si blogger pemula (peserta) tidak merasa tertipu dan mereka senang melakukannya itu sich sah-sah saja, tidak ada larangan.

Namun, setelah saya amati ternyata marketing strategy dengan memanfaatkan para blogger pemula ini cukup efektif untuk mendongkrak popularitas web/blog ataupun produk yang mereka pasarkan. Dua keuntungan sekaligus yang mereka dapatkan dalam penerapan marketing strategy gaya ini, pertama: kemungkinan situs mereka untuk tampil di halaman pertama search engine semakin besar dan tergolong cepat dengan demikian mengakibatkan popularitas situs / produk mereka menjadi terkenal, terlepas dari kualitas produk, laku dan tidaknya itu masalah lain.

Cuma saran saya sebagai blogger pemula untuk para pemula juga, sebaiknya sebelum mengikuti sebuah kontes jangan terlalu bernafsu, pelajari dan perhatikan maksud dari tujuan para marketer / penyelenggara itu apakah dapat dipercaya dan mempunyai kredibilitas? Syarat apa saja yg diminta / berapa banyak? (biasanya mereka meminta backlink / tautan balik), Apakah Produk yang mereka tawarkan benar-benar bermanfaat untuk calon konsumennya? Siapa tahu produk bisnis yang mereka pasarkan adalah barang ilegal / haram.

Akhir kata, saya mengucapkan Salam sukses untuk dunia internet marketing Indonesia semoga semakin maju..!

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP