Wednesday, July 10, 2013

Tips Mencari Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

Jika Anda mempunyai ide usaha, sebaiknya Anda tidak terobsesi hanya mengembangkan ide usaha kreatifnya saja. Anda harus mengetahui ide peluang tersebut bisa Anda jalankan atau mungkin sebaliknya.

Menemukan ide dan jenis usaha baru yang Anda jalankan tidaklah mudah. Tapi Anda bisa mengingat beberap hal yang bisa menilai, apakah ide bisnis kreatif Anda layak atau tidak untuk dijalankan kedepannya. Untuk itu lihatlah beberapa hal penting dibawah ini :

1. Mempunyai ide saja tidak cukup
Banyak Entrepreneur yang takut untuk mengemukakan ide bisnis kreatifnya kepada orang lain, karena khawatir akan ada yang mencuri ide tersebut, ada juga ide bisnis kreatifnya dicuri orang. Sebenarnya sah-sah saja tidak mengemukakan ide bisnis kreatif mereka kedepan publik. Tapi yang harus Anda ingat bahwa ide bisnis kreatif hanya sebatas ide bisnis saja, tidak ada yang lebih. Dan ide bisnis kreatif bukanlah sebuah bisnis.

Setiap entrepreneur tidak berarti dia bisa mengerjakan semuanya. Namun kuncinya adalah pelaksanaan bisnis. Membangun bisnis perlu cara kerja keras, mengatur keuangan yang baik dan mempunyai tingkat sabar yang tinggi. Baru kemudian Anda akan selalu menemukan ide bisnis kreatif.

2. Jangan selalu fokus pada ide bisnis yang baru
Banyak bisnis yang baik dan menguntungkan berasal dari ide bisnis yang kecil dan sederhana. Benar sekali Bill Gates lah yang membuat sistem operasi windows, namun Anda bisa memperoleh uang dengan hanya membuka kursus pelatihan sistem operasi windows tersebut.

Anda tidak perlu membawa ide bisnis yang mutakhir. Banyak orang yang tidak ingin memiliki bisnis kelas dunia yang skalanya perusahaan super raksasa, tapi mereka hanya ingin memiliki perusahaan yang menguntungkan. Nah, dari situ Anda bisa tiru kelebihannya.

3. Ide bisnis yang luar biasa bisa menjadi bumerang bagi Anda
Ada kiat sukses bisnis dari Rhonda Abrams. Dia mengemukakan bahwa lebih mudah memperoleh satu bagi kecail dari pasar yang sudah ada, daripada menciptakan pasar baru. Tapi jika Anda benar-benar siap secara mental dan menanggung konsekuensinya, ide bisnis baru Anda akan bisa menghasilkan yang luar biasa.

Namun yang harus Anda selalu ingat, menciptakan pasar yang baru adalah hal yang tersulit, membutuhkan banyak waktu dan biaya besar.

4. Perhatikan dan pelajari ide bisnis yang sudah lama
Dari sebagian besar ide bisnis terbaik muncul dari ide bisnis yang pernah dikembangkan sebelumnya. Ketika industri maju dan perusahan besar mendominasi, sering kali banyak yang mengabaikan sebagian kecil konsumen atau pangsa pasar dari mereka. Padahal pangsa pasar tersebut masih menguntungkan. Anda bisa mendapatkan peluang untuk meraih pangsa pasar tersebut.

Sumber :
http://artikelbisnisusaha.blogspot.com/2013/05/tips-mencari-ide-bisnis-yang-lebih.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP