Friday, June 1, 2012

Sukses adalah Keselarasan

Orang yang berada dalam keadaan pikiran yang kacau, tentunya tidak mungkin dapat berpikir dengan baik, apalagi memikirkan hal-hal yang penting bagi dirinya.

Demikian juga bila orang sedang dalam keadaan pikiran kacau, tentunya dia juga akan mengalami perasaan-perasaan negatif, dan di dalam dirinya selalu muncul Internal Dialoque yang negatif, yang membuat perasaan semakin tidak enak. Misalkan anda sedang sibuk bekerja, sudah pasti banyak hal yang anda harus kerjakan, bukan ?. kesibukan kerja bisa membuat diri kita tegang, lelah dan stress. Ketegangan dan stress inilah yang membuat pikiran menjadi kacau – pikiran tidak jernih, mudah marah dan lebih reaktif.

Bila kita mengalami suatu perasaan yang tidak enak, secara fisik, tentunya juga ada pengaruh negatif, mungkin kita merasa pusing, tidak enak makan, kelelahan dan lain sebagainya.

Setiap sukses yang dialami oleh seseorang selalu mengandung Keselarasan, sebab tanpa keselarasan kita tidak mungkin bisa benar-benar mendapatkan kesuksesan yang sejati. Orang yang berhasil selalu memiliki suatu tujuan atau impian yang ingin di realisasikan. Berdasarkan tujuan atau sasaran itu mereka membangun keselarasan di dalam dirinya maupun keselarasan dengan Kecerdasan Tanpa Batas.

Keselarasan di dalam Diri :

Anda memiliki akal, dan ini merupakan anugerah dari Tuhan, yang perlu di berdayakan untuk menjalani kehidupan yang berhasil, membahagiakan dan berlimpah. Sebab tujuan anda hadir di muka bumi ini adalah untuk menikmati hasil karya Tuhan. Agar kita dapat menikmati apa yang telah di sediakan oleh semesta ini, tentunya kita harus menggunakan akal kita untuk memperolehnya.

Selain akal, manusia juga memiliki perasaan yang berperan sebagai sinyal yang memberikan umpan balik, apakah perbuatan kita sudah selaras dengan pikiran kita atau belum; selain itu perasaan juga merupakan suatu kekuatan yang mendorong diri kita untuk berbuat sesuatu atau menarik keadaan, situasi, orang, ide dan lain sebagainya untuk mendekat pada kita. Dan yang terakhir manusia mempunyai tubuh yang bisa di gerakkan untuk melakukan sesuatu.

Ketikanya harus selaras di dalam diri kita, bila tidak, kita akan mudah untuk menyimpang dari sasaran yang kita inginkan.

1. Berpikir :
Dengan akal yang kita miliki, kita dapat berpikir tentang diri kita, tentang siapa aku ini. Untuk memulai suatu langkah yang berhasil, terlebih dahulu kita harus mempunyai tujuan atau sasaran yang pasti. Semisal anda ingin bepergian, anda harus sudah tahu kemana anda akan pergi, dan barulah anda akan bisa menyusun langkah-langkah yang perlu untuk di lakukan.

Mulailah berpikir “ ingin menjadi apa ? “ ; “ ingin melakukan apa ? “ dan “ ingin memiliki apa ? “. Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang anda inginkan, barulah anda bisa menyusun sasaran dan tujuan anda.

Luangkan waktu untuk eksplorasi diri, melakukan renungan yang tujuannya untuk menemukan apa saja yang menjadi keinginan anda. Jangan segan untuk melakukan perenungan ini, sebab hidup anda akan tergantung pada hasil temuan anda tentang siapa diri anda itu.

Selama anda belum mengenali siapa diri anda sendiri, dan apa saja yang anda inginkan. Anda bekerja memang kelihatan sangat sibuk sekali, tetapi hasilnya tidak pernah memuaskan diri anda. Yang pada akhirnya anda akan kelelahan sendiri.

Jadi temukan dulu siapa diri anda, dan apa saja keinginan anda. Lalu buatlah suatu rencana sasaran dan tujuan yang jelas dan pasti.
Kemudian gambarkan sasaran dan tujuan anda di dalam pikiran anda, lihatlah anda telah menjadi seperti yang anda inginkan. Inilah proses menciptakan Mental Blue-Print untuk kehidupan anda sendiri.

Memang pada dasarnya anda adalah pencipta kehidupan anda sendiri. Untuk bertindak sebagai pencipta, anda harus mengetahui siapa diri anda dan apa yang anda inginkan terlebih dahulu.

Bila anda meyakini sasaran atau tujuan anda dengan segenap hati anda, perasaan anda akan menguat – percaya diri dan bersemangat, bila perasaan ini terus menguat dan memperkuat pikiran anda, dia akan mendorong anda untuk menjadi berani mengambil langkah tindakan agar sasaran itu terealisasikan. Selain itu apa yang anda inginkan dengan di sertai perasaan yakin yang kuat, akan menarik hal-hal yang anda inginkan itu mendekat pada anda.

2. Merasakan :
Pikiran anda harus selaras dengan perasaan anda. bila anda membangun suatu gambaran tentang diri anda yang realistik dan memadai sesuai minat dan keinginan hati anda, pasti anda akan bisa merasakan suatu kesenangan atau kegirangan ketika anda menggambarkan di dalam pikiran anda.

Namun bila gambaran yang anda bentuk itu tidak realistik dan memadai sesuai ukuran anda sendiri, sesuai dengan kemampuan anda sendiri, anda pasti tidak akan bisa merasakan kegirangan ketika membayangkan itu, sebab di dalam diri anda sendiri akan melakukan perlawanan, diri anda akan mentertawakan anda sendiri.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui terlebih dahulu kemampuan-kemampuan anda saat ini, dan jangan memaksakan kehendak untuk harus melampaui keterbatasan anda sendiri.

Apa yang anda mampu saat ini, itulah yang perlu anda capai dahulu, baru kemudian setelah anda mencapai sasaran itu, kembangkan lagi sasaran baru yang lebih tinggi, demikian seterusnya. Dengan begitu anda bisa menjaga keselarasan antara pikiran dan perasaan anda.

Di atas telah saya sampaikan bahwa perasaan adalah sinyal yang bertindak sebagai umpan balik, maksudnya bila suatu ketika anda mengalami perasaan tidak nyaman, itu artinya anda sedang memikirkan suatu pikiran yang bertentangan dengan keinginan anda. Dalam hal ini anda harus cepat sadar dan segera merubah pikiran anda, agar kembali nyaman. Jangan anda membiarkan diri untuk di kuasai oleh perasaan ketidak-nyamanan itu.

3. Bertindak :
Bila anda hendak pergi ke surabaya tetapi anda membeli tiket pesawat untuk ke medan, sudah jelas pasti anda tidak akan sampai ke surabaya.
Demikian juga, bila anda memikirkan suatu tujuan atau sasaran, namun tindakan anda bertentangan dengan tujuan anda, sudah jelas anda tidak akan pernah mencapai sasaran atau tujuan itu.

Anda sudah selayaknya menyelaraskan tindakan-tindakan anda dengan pikiran-pikiran anda, maksudnya dengan sasaran dan tujuan anda. Anda harus terus menerus melihat peta yang sudah anda miliki sebelum anda melakukan suatu tindakan, agar tidak salah dalam mengambil tindakan.

Penyelarasan di dalam diri kita harus terjadi terus-menerus, sebab banyak orang mudah untuk di pengaruhi oleh pikiran-pikiran yang berasal dari luar diri kita sendiri, dimana dapat menyebabkan kita bertindak bertentangan dengan tujuan kita. Misalkan meniru cara-cara yang di lakukan oleh orang lain, tetapi anda tidak sadar sebetulnya apa yang di lakukan oleh orang lain itu belum tentu sesuai dengan diri anda, atau bisa jadi bertentangan dengan tujuan dan sasaran anda.

Dalam hal ini anda harus mempunyai integritas yang tinggi terhadap tujuan dan sasaran anda, serta konsisten melakukan sesuai dengan isi pikiran anda sendiri.
Kalau anda memiliki keyakinan yang kuat dan teguh terhadap visi anda sendiri, anda tidak perlu kawatir tentang orang lain dan apa yang mereka lakukan. Sebab dunia di luar diri anda akan mengatur dirinya sendiri untuk menyesuaikan dengan isi pikiran anda.

Keselarasan dengan Kecerdasan Tanpa Batas :

Tidak ada kebehasilan yang sejati dan memuaskan tanpa keselarasan dengan Kecerdasan Tanpa Batas. Bila anda hanya mengandalkan pikiran anda sendiri, maka anda akan terjebak pada hal-hal yang biasa, yang bersaing, yang saling menjatuhkan, yang semuanya tidak akan pernah membuat anda merasa puas.

Kita tidak akan pernah menjadi orang yang hebat dan luar biasa, bila hanya mengandalkan pikiran kita sendiri, sebab pikiran kita sendiri itu sangat terbatas. Kita tetap membutuhkan hubungan atau berelasi dengan Kecerdasan ini.
Kecerdasan Tanpa Batas adalah sumber dari segala sumber, dia adalah Prinsip Hidup yang senantiasa memberi, membimbing, menginspirasi dan mendorong.
Bila anda mendekatkan diri dengan sumber, dan menyelaraskan diri dengan sumber ini, sudah pasti anda tidak akan pernah kekurangan, sebab Dia sendiri juga berhasrat untuk menyalurkan apa yang Dia miliki melalui diri anda. Dia sendiri juga berkeinginan untuk terus menerus berevolusi, tumbuh dan berkembang untuk memperkaya dunia ini, dan tentunya hanya melalui andalah Dia bisa menyalurkan keinginannya.
Jadi sebetulnya kita ini adalah saluran dari mana Kecerdasan Tanpa Batas mengekspresikan dirinya. Tanpa anda Dia tidak bisa muncul, hanya andalah yang bisa menjadi salurannya.

Untuk itu anda harus menyelaraskan diri dengannya, sehingga niat baik semesta ini mengekspresikan diri melalui diri anda, dan jadilah anda sebagai orang yang hebat dan luar biasa, sebab Dia yang menginginkannya.

Bagaimana menyelaraskan diri dengan Kecerdasan ini ?

1. Anda harus percaya bahwa segala yang tampak kasat mata, berasal dari yang tidak kasat mata.
Kita harus sadar bahwa untuk menjadi hebat dan luar biasa, sebetulnya bukan karena kepandaian kita, mengapa ? anda lihat ada orang yang tidak lulus Sekolah Dasar aja bisa menjadi pengusaha yang sukses, kaya dan bahagia. Sebaliknya ada sarjana yang hanya sebagai pegawai rendahan saja. Betul ndak ?
Jadi kepandaian kita sesungguhnya tidak bisa menjamin bahwa kita akan dan pasti menjadi orang yang sukses, kaya dan bahagia. Kita membutuhkan kekuatan lain yang tidak tampak kasat mata, yaitu Kecerdasan Tanpa Batas.

Oleh karena itu kita perlu berelasi dengan kecerdasan ini.
Bila anda menjalin hubungan yang akrab dengan kecerdasan ini, maka kehendaknya akan di salurkan melalui diri anda. Mungkin suatu saat anda akan di lintasi oleh suatu inspirasi yang datangnya tiba-tiba namun menawan hati anda. Atau suatu saat akan muncul suatu hasrat di dalam hati anda untuk mengekspresikan diri. Ini semua adalah dorongan dari kecerdasan itu, yang ingin mengekspresikan diri melalui diri anda.
Kecerdasan ini selalu mencari orang – orang yang tepat, dan orang yang tepat adalah orang yang telah mampu menyelaraskan diri dengaNya.
Jadi untuk membedakannya , ide yang baik akan selalu datang dari Kecerdasan Tanpa Batas, sedang ide yang buruk biasanya datang dari pikiran kita sendiri yang sudah di bungkus oleh ego.

Pikiran untuk bersaing, pikiran untuk menjatuhkan orang lain, pikiran untuk memaksakan kehendak, pikiran untuk curang, pikiran yang serakah, semuanya datang dari pikiran kita sendiri yang sudah di bungkus oleh ego. Oleh karena itu banyak orang merasa menderita ketika bekerja atau berbisnis, merasa hidup itu sudah, atau merasa dunia ini kejam. Ya, semua karena mereka membiarkan subur tumbuhnya ego itu, sebaliknya bila kita dengan segenap hati berniat untuk menyelaraskan pikiran kita dengan kecerdasan tanpa batas, anda akan melihat, semuanya seolah-olah seperti kebetulan.

2. Bersyukur, mensyukuri apa yang telah anda miliki.
Jangan meluangkan waktu untuk lebih banyak mengeluh tentang kekurangan, kemiskinan dan penderitaan anda. Ini semua tidak bermanfaat bagi anda, sebab apa yang anda pikirkan akan tercetak di dalam bawah sadar anda, dan menjadi gambaran yang menetap dalam pikiran sehingga perilaku anda akan di pengaruhi oleh gambaran ini.
Adalah bijaksana bila anda mensyukuri apa yang telah anda miliki, dengan mensyukuri apa yang anda miliki, berarti anda menjauhkan diri dari ketidak-puasan. Sehingga anda akan menemukan kedamaian dan ketenangan batin, yang bermanfaat bagi diri anda.
Bila anda damai dan batin anda tenang, maka anda akan mulai melihat kesempatan-kesempatan baru yang mungkin selama ini tidak terpikirkan oleh anda, anda akan menjadi lebih kreatif. Anda akan merasa lebih percaya diri dan bersemangat.
Arti lain dari bersyukur adalah berterima kasih, jadi anda harus berterima kasih bila anda menemui pengalaman entah itu pengalaman yang menyenangkan atau mungkin itu buruk dan membuat anda menderita, semuanya harus kita syukuri. Sebab Tuhan memberikan pengalaman itu semuanya dengan tujuan baik bagi diri kita, bukan untuk menghukum kita.

3. Meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Kecerdasan Tanpa Batas.
Luangkan waktu untuk memasuki keheningan saat ini, renungkan tujuan dan sasaran anda, munculkan gambar-gambar apa yang anda inginkan itu, temukan gambar-gambar yang pas dan anda sukai untuk anda kerjakan.
Renungkan masalah-masalah yang sedang anda hadapi, ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan solusi, munculkan gambaran-gambaran yang mungkin bisa menjadi solusi anda.
Bila gambaran-gambaran yang anda munculkan itu, menyenangkan anda, memotivasi dan membangkitkan semangat, maka itulah yang tepat untuk anda.

Inspirasi yang berubah menjadi realitas :

Untuk mengakhiri tulisan ini, izin kan saya berbagi kisah tentang Lim Goh Tong., pendiri Genting Highlands Resort – Malaysia. Sekarang dia telah menjadi Asset bagi negaranya – Malaysia. Penyumbang terbesar bagi pemasukan Negara dalam bidang pariwisata.
Pada waktu dia mengajukan idenya untuk membangun Genting Resort, banyak teman-temannya yang mentertawakan dia, menyebutnya orang bodoh, orang gila, di cemooh dan di kritik, dan masih banyak lagi. Namun dia tetap berpegang teguh pada pendiriannya, dan pada akhirnya orang-orang yang mengkritik, mencemooh serta mentertawakannya kembali berbalik arah, memuji kejiniusannya. Anda mau tahu,

Inilah kisahnya :
Niat untuk membangun sebuah tempat peristirahatan di gunung bukanlah hasil usaha aktif mencari peluang bisnis, sebaliknya, merupakan pikiran yang terlintas di kesadaran saya secara kebetulan pada suatu malam di tahun 1963.
Pada suatu malam saya makan malam di Cameron Highlands bersama sembilan orang termasuk pengurus besar dan ketua administrasi sebuah firma German.
Setelah minum arak beberapa pusingan, saya berasa panas lalu keluar menghirup udara segar.

Saya berdiri di luar, terpesona dengan pemandangan tanah tinggi pada waktu malam, angin sejuk nyaman meniup tubuh saya. Begitu mengheningkan dan menyegarkan, lalu saya memejamkan mata dan menarik nafas dalam – dalam untuk menikmati sepenuhnya udara gunung yang bersih sihat itu. Kemudian suatu aliran pikiran terlintas di kesadaran saya.

Pertama, saya terpikir bahwa di Malaysia yang beriklim tropikal, semua orang ingin pergi berlibur di tempat peristirahatan yang sejuk nyaman di gunung. Hal ini dapat di lihat dari populernya Cameron Highlands – salah satu tempat peristirahatan di gunung yang dingin di wilayah negara bagian Pahang, Malaysia – di kalangan pelancong dari dalam dan luar negara. Namun Cameron Highlands agak jauh, sekitar empat atau lima jam dengan kendaraan dari Kota Kuala Lumpur, dan jalannya mendaki serta sempit, berliku-liku. Saya terpikir alangkah sungguh nyaman jika ada suatu tempat peristirahatan di atas gunung hanya satu jam dari kota Kuala Lumpur.
Saya juga merasa yakin bahwa melihat pertumbuhan taraf hidup yang terus meningkat pesat di negara Malaysia ini, pada waktu itu malaysia sedang pesat membangun, tentu semakin banyak orang yang akan pergi ke tempat-tempat peristirahatan di gunung untuk beristirahat dan berlibur.

Jadi, mengapa tidak di bangunkan sebuah tempat peristirahatan di gunung yang berdekatan dengan Kuala Lumpur ?
Pikiran yang tercetus itu membuat saya menggeletar dengan debaran hebat.
Sepanjang malam itu saya resah di tempat tidur, memikirkan bagaimana hendak mencapai impian membangun sebuah tempat peristirahatan di gunung. Saya begitu terangsang, tidak sabar untuk memulainya.

Ketika saya pulang ke Kuala Lumpur, saya mendapatkan sebuah peta topografi daerah Bentong lalu menelitinya. Mata saya tertarik ke Gunung Ulu Kali di sebuah tempat bernama Genting Sempah. Saya tidak pernah medengar tentang tempat itu, tetapi namanya menyenangkan bagi saya. Selama dua tahun terus menerus di pikirkan, akhirnya pada tahun 1965, pembangunan jalan menuju puncak gunung Ulu Kali mulai di kerjakan dan kini tempat inilah yang akhirnya menjadi tempat peristirahatan, rekreasi, casino yang terkenal di dunia yang di beri nama Genting Highlands Resort. Saya percaya ada sebagian dari pembaca tulisan ini pernah mengunjungi tempat ini.

Berdasarkan kisah ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kebehasilan seseorang itu bisa datang dari suatu inspirasi yang munculnya tiba-tiba, lalu memikat hati dan membuat orang tersebut terus-menerus memfokuskan pikirannya , perasaannya, dan tindakannya untuk merealisasikan impiannya itu.
Saya merekomendasikan kepada anda untuk membaca buku kisah ini – yang berjudul Lim Goh Tong : My Story, ini buku yang baik untuk anda baca, karena lewat buku ini anda akan dapat mempelajari banyak hal yang positif, salah satunya cara-cara membangun keteguhan hati terhadap impian-impian kita.

Buku ini telah di terbitkan dalam tiga bahasa : Mandarin, English dan Melayu.

Saya percaya anda semua bisa menjadi Asset Nasional sama seperti dia, bukan menjadi liabilities. Gunakan kesempatan yang anda miliki dengan sebaik-baiknya, dan bila anda mampu menyelaraskan baik di dalam maupun dengan kecerdasan tanpa batas, semuanya tidak ada yang mustahil.

Salam Bahagia dan Sejahtera

Sumber:
Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
HP : 0813 – 64808061 or 0857 – 653 – 64838
Email : Soe_hartono@hotmail.com
Blog : www.soegiantohartono.blogspot.com

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP