Friday, January 21, 2011

Bagaimana mendatangkan uang dari blog?

StevePavlina.com dibuat sekitar tahun yang lalu. Setahun kemudian pendapatannya sekitar $4.12/hari. Setahun berikutnya sudah mencapai $200/hari. Gua gak mengeluarkan sesen-pun buat memasarkan atau promosi. Malah, gua ngebikin site ini cuma dengan modal $9 itupun buat ngedaftarin nama domain, dan semuanya dimulai dari sana. Elu tentunya mau tahu gimana sih gua bisa begitu kan?

Tulisan dibawah ini bener-bener panjang loch! (lebih dari 7300 kata-kata), tapi kalo sudah diiming-imingi duit mah pasti elu baca juga (hehehe). Gua bahkan bakal ngebagi kiat-kiat khusus gua. Jika elu gak punya banyak waktu buat baca sekarang, silahkan di- bookmark atau lu print buat elu baca ntar.

Apakah elu bener-bener mau dapet duit dari blog elu?
Ada memang orang-orang tertentu yang mempunyai kegigihan pribadi buat dapet duit dari blog mereka baik secara jujur atau 'sedikit nakal'. Jika elu mikir bahwa mengomersialkan blog elu itu sebagai perbuatan yang jahat, tak bermoral, tidak etis, gak keren, cembre, tamak, naif atau apapun yang buruk-buruk maka jangan elu komersilin blog elu ! Gampang kan ?

Jika elu masih bingung apakah mau mengomersilkan blog elu atau tidak,maka lihat dulu beberapa hal ini. Jika elu mikir bahwa bikin uang dari blog elu itu bagus, maka teruskan. Jika elu pikir bahwa hal itu jahat, juga gak papa. Tapi mantapkan dulu pikiran elu sebelum elu secara serius menekuni dunia komersialisasi blog ini.

Jika elu pingin sukses, elu harus gigih dan disiplin. Menghasilkan uang dari blog bener-bener menantang — kadang-kadang elu nglokro sendiri ntar. Harusnya sih elu bakal secara alami bahagia begitu mulai dapet duit dari blog elu– kemudian elu mulai berambisi untuk dapat lebih banyak lagi !

Jika blog elu berisi tulisan elu asli, maka elu bener-bener pantaes jika dapet duit. Jika,bagaimanapun elu tetep ragu-ragu apakah ini jalan yang tepat buat elu maka mungkin tulisan berikut berguna buat elu: Seberapa egoiskan anda? (Ini membicarakan tentang bagaimana menemukan keseimbangan yang benar antara kebutuhan elu dan kebutuhan orang lain.)

Jika elu mutusin buat ngasilin duit dari blog elu, maka gak usah malu ah. Jika elu mulai masang iklan, maka pasanglah iklan itu dengan sungguh-sungguh. Jangan cumak naro iklan di pojok yang tak terlihat pengunjung. Jika elu minta sumbangan, maka bener-benerlah elu minta sumbangan. Jangan cumak naro tulisan “Donate” dan ngebiarin aja setelah itu. Jika elu mau jualan produk, maka jualanlah yang bener. Bikin atau dapatkan produk kualitas terbaik sebisa elu, dan berikan pengunjung anda alasan kuat untuk membelinya. Jika elu mau melakukan ini semua, maka elu harus bener-bener serius. Jangan setengah-setengah. Serius bener atau tidak sama sekali !

Kalau elu mulai komersil dengan web gratisan maka ada beberapa orang yang akan berkeluh kesah, tapi itu tergantung bagaimana elu melakukannya. Gua meluncurkan situs ini sejak Oktober 2004, dan gua mulai masang iklan Google Adsense di bulan Februari 2005. Ada yang bener-bener ngirimin gua feedback negatif, tapi gak gua pikirin. Soalnya jumlahnya cumak kurang dari 1 diantara 5,000 pengunjung gua yang ngirimin feedback. Kebanyakan yang ngirim feedback sih berisi dukungan positif. Semua keluhan malah ilang sendiri dalam beberapa minggu, dan sang situs mulai menghasilkan pendapatan seketika itu juga, walaupun memang masih sangat rendah — sekitar $53 di bulan pertama. Jika elu mau lihat pendapatan bulan per bulan, tinggal lihat postingan gua tentang penghasilan Adsense gua di tahun 2005. Adsense masih merupakan primadona gue sebagai tambang uang di situs ini, walopun memang bukan satu-satunya sumber. Tar gua terangin selebihnya deh…

Bisa nggak lu dapet duit halal dan banyak secara online?
Ya, jelas. Pada dasarnya lima besar pendapatan pertahun didapatkan dari bekerja penuh waktu dari rumah. Gua berhasil mendapatkan pendapatan manteb dari StevePavlina.com, dan situs ini baru bermumur 19 bulan… hampir batita. Jika elu punya kerjaan rutin, bakalan lebih lama buat dapet pendapatan buat hidup, tapi tetep ini bisa dilakukan sebagai sambilan jika elu mau mengorbankan waktu luang elu buat kerja online. Kalo gua sih selalu penuh waktu.

Apakah kebanyakan orang bisa melakukannya?
Nggak, tidak semua. Gua harap nggak ngagetin elu kalo ngeliat web site perorangan yang menggunakan program C-word yang menakutkan. Tapi gw agak menyetujui dengan mereka yang berpendapat bahwa 99% orang yangmencoba menghasilkan pendapatan betulan dari bisnis online dari blog mereka akan gagal. Tagline dari situs ini pun “Personal Development for Smart People.” Dan cilakanya (atau untungnya,tergantung sudut pandang elu), smart people itu minoritas di planet ini. Jadi karena tidak banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan dari internet, tapi itu tidak berlaku buat orang pinter. Cumak gimana cara mengetahui kita ini pinter ato nggak? Nih gua kasih tandanya: Jika elu masih bertanya pertanyaan dibawah ini, berarti elu bego.

Jika paragraf terakhir tadi tidak bikin inbox gua banjir umpatan, gua gak tahu sapa lagi yang bisa. GUA tentunya !

Ratio 99-1 nggak begitu aneh sih buat ngeblog. Elu ntar bakal banyak menemuin kendala untuk memulainya. Berapa persen sih orang yang meniru-niru aktor,musisi, atau atlet yang berhasil? Maksud gua, gak perlu banyak usaha buat bikin blog hare gene gitu loch ! — orang bego aja bisa bikin. Bakat sudah tentu amat berharga, dan itu berarti 'pinter' dalam dunia blogging. Tapi itu hanya modal awal ajah, kepinteran elu harus khusus. Dan kepinteran khusus itu bernama : web savvy.

Jika elu sangat web savvy, atau lu belajar untuk jadi web savvy, maka elu punya kesempatan besar buat jadi jutawan dari blogging dan itu bisa menutupi biaya hidup elu… malah nyisa banyak. Tapi jika menjadi seorang web savvy tulen malah bikin elu bingung atau berada di daerah abu-abu maka gua saranin: Jangan keluar dari pekerjaan rutin elu !.

Web savvy
Apa sih web savvy? Elu gak harus jagi seorang programmer, tapi elu musti punya pengertian fungsional yang memadai tentang teknologi web. Karena teknologi2 itu akan menjadi “kunci” ketergantungan kita di dunia blog dan alat elu buat cari uang. Gampangnya gua bikin daptar teknologi web yang minimal harus elu kuasain dulu:

blog publishing software
HTML/CSS
blog comments (and comment spam)
RSS/syndication
feed aggregators
pings
trackbacks
full vs. partial feeds
blog carnivals (for kick-starting your blog’s traffic)
search engines
search engine optimization (SEO)
page rank
social bookmarking
tagging
contextual advertising
affiliate programs
traffic statistics
email

Pilhan : podcasting, instant messaging, PHP atau bahasa web scripting yang lain.

Tentu saja gua mungkin kurang nyebutin yang laen karena keterbatasan ilmu gua. Jika baru ngelihat daptar itu doang lu udah puyeng, gua saranain elu jangan dulu jadi full time blogger dulu. Tentu saja elu masih bisa nge-blog, tapi jelas elu bakal ketinggalan jauh dengan orang yang lebih web savvy, jadi jangan pingin cepat kaya dulu seblon elu kuasain elmu-elmu dasar diatas.

Jika elu pingin ngejual produk-produk yang bisa di donlot seperti ebooks, maka elu bisa nambahin 'elmu' e-commerce, SSL, digital delivery, fraud prevention, dan online databases di daptar itu. Sekali lagi elu gak harus jadi seorang programmer; elu hanya perlu tahu pemahaman dasar dari teknologi-teknologi itu. Bahkan jika elu mampu nyewa orang buat nanganin semua tetek bengek elmu diatas, tetep ajah elu harus tahu itu juga.

Kekurangtahuan adalah penyebab utama kegagalan mendapatkan duit dari internet. Sebagai contoh,jika elu bego longa-longo tentang search engine optimization (SEO), lu mungkin akan kalah rangking di search engine dibanding orang yang hatam elmu SEO. Yang elu harus inget, semua teknologi itu harus saling inter-koneksi, jangan berdiri sendiri Menghasilkan uang dari blog adalah tindakan penyeimbangan. Elu harus menyeimbangkan antara kebutuhan elu, pengunjung lu, search engines, mereka yang nge-link ke elu, situs – situs social bookmarking , pengiklan, program-program affiliasi,dan yang lain.

Kelihatanya apa yang kelihatannya sepele, seperti penamaan web itu malah penting. Baru bikin judul tulisan ini saja gua harus mikir pemirsa potensial yang mau gua sasar. Gua pingin sedikit menarik buat dibaca pengunjung yang berjenis manusia, bikin traffic search engine meningkat, contextual ads yang menghasilkan uang banyak, cocok dengan tema situs, dan bikin orang pingin nge-link dan akhirnya ngeklik artikel kita buat di social bookmarking. Tambah lagi gua pingin bikin artikel yang menyediakan isi asli kepada pengunjung gua. Jadi gua mengerjakan apa yang gua anggap terbaik buat bikin artikel tulisan gua ini dengan mempertimbangkan semua kebutuhan. Sering itu berarti malah menghilangkan judul yang cerdas/keren demi judul lain yang lebih langsung dan gampang dimengerti khalayak rame. Ketrampilan 'remeh' seperti ini-lah yang bakal mendorong pertumbuhan traffic secara berkesinambungan dalam bilangan bulan. Hanya karena tidak mempunyai ketampilan 'remeh' ini bisa bikin cacat traffic elu. Dan masih ada buanyaak ketrampilan menulis yang memerlukan web savvy yang cukup untuk dimengerti.

Pengetahuan diataslah yang menjadi batas antara yang 1% dari 99%. Kedua kelompok itu boleh bekerja sama kerasnya, tapi kelompok yang 1% mendapat hasil yang jauh lebih banyak dengan usaha yang sama. Biasanya sih untuk bikin satu judul tulisan gua butuh waktu dibawah semenit, tapi dalam satu menit itu banyak proses mental yang terlibat. Elu harus bener-bener mempelajari pengetahuan ini sebelumnya sebelum elu terbiasa.

Kalo elu suatu ketika menemui teknologi web terkini yang belum elu kuasain, tinggal cari di Google atau Wikipedia, dan elu ulik dalem-dalem sampe elu ngerti bener dasarnya. Untuk menghasilkan uang dari blog memang harus bener-bener jadi jagoan di segala bidang. Mungkin elu pernah dengar pepatah ini, “Seorang jagoan di segala hal adalah jagoan ketiadaan.” Mungkin itu bener,tapi elu nggak harus menguasai semua teknologi ini — elu cumak harus pandai dan mahir menggunainnya. Seperti perbedaan antara bisa menyopir sama jadi mekanik mobil lah. Cepet ngerti pengetahuan fungsional dan kemudian bergerak ke arah selanjutnya. Walopun gua seorang programmer yang berpengalaman, gua aja nggak tahu berapa banyak teknologi web yang ada sekarang ini. Tapi buat apa gua peduli ? Yang penting gua bisa ngunain sebagian dari mereka untuk menghasilkan duit. Kadang butuh banyak waktu buat gua untuk mengenal benar-benar satu teknologi baru,dan akhirnya gua bisa dapet pengetahuan fungsional yang cukup untuk menggunakan beberapa teknologi itu.

Keraguan dalam perubahan
Gua cumak mau bilang bahwa resiko terbesar elu gak bakalan lebih gede daripada kesalahan yang akan bikin lu rugi. Resiko terbesar itu bernama kehilangan kesempatan. Elu butuh cara berfikir seorang pengusaha, bukan seorang pekerja. Jangan peduliin dengan resiko rugi — lebih kasih perhatianlah kepada resiko kehilangan pendapatan. Itu adalah apa yang elu enggak tahu dan itu adalah suatu hal yang bakalan lu sesalin seumur idup kalo nggak elu lakuin. Blogging itu murah. Pengeluaran dan resiko keuangan elu sedikit sekali. Keprihatinan elu harus elu arahkan ke faktor kehilangan kesempatan yang harusnya elu bisa banyak dapet uang dari situ dengan gampangnya. Elu musti mulai bikin antena buat nangkep kesempatan-kesempatan baru yang berlalu lalang. Gua secara khusus merekomendasikan dengan sangat buat langganan Darren Rowse’s Problogger blog — Darren ini betul-betul hebat kalo nyari kesempatan baru tentang bagaimana nyari uang lewat blog.

Dunia blog berganti dengan cepat, dan perubahan menciptakan kesempatan. Perlu kecerdasan untuk menentukan dan menangkap kesempatan itu sebelum mereka menghilang lagi. Jika elu ragu-ragu untuk mengeluarkan modal untuk sesuatu yang baru dan menarik,lu udah hilang kesempatan untuk dapet duit. Banyak kesempatan yang bersifat sementara soalnya. Dan tiap hari elu enggak mencoba mereka,itu berarti elu kehilangan uang yang harusnya bisa lu dapet.

Gua dulu sempet jengkel juga dengan perkembangan teknologi web yang terlalu cepat, ini malah lebih cepat dari teknologi di industri game. Dan harga dari perubahan itu adalah semakin cepatnya perubahan. Hampir tiap minggu sekarang ini gua belajar tentang layanan web baru yang menarik atau ide yang mungkin sangat berpotensi menjadi sumber pendapatan baru. Tapi gua sih seneng-seneng aja seneng berpacu dalam kegilaan inih. Kalo gua aja yang full-time blogger masih bingung maka kemungkinan yang laen juga lebih bingung lagi pasti . Apalagi orang yang hanya ngeblog sebagai sampingan, sudah jelas akan sangat kebingungan, maka mereka tidak akan pernah bisa ngejar ketertinggalan. Kesimpulanya jika gua bisa sedikit saja lebih cepat dan bisa mengerti teknologi ini maka gua bisa menghimpun banyak kesempatan serius sebelum halangan untuk memasukinya menjadi terlalu tinggi. Walaupun bingung itu enggak enak, tapi sebenernya itu hal yang baik buat seorang pengusaha web. Hal itulah yang bikin salah seorang mahasiswa mendapatkan $1,000,000 online hanya dalam beberapa bulan dengan ide briliannya. Ingat ini bukan sebuah zero-sum game (kalah menang jadi arang ). Jangan bikin kesuksesan seseorang membuat elu hilang atau iri. Malah kalo bisa jadikan itu sebagai isnpirasimu.

Apakah semua strategi penghasil-pendapatan lu?
Gua gak ingin menghina seseorang, tapi kebanyakan orang bego kalo ngomongin bagimana mendapatkan penghasilan dari blog. Mereka suka kalap tempel ini tempel itu di blog mereka dengan harapan akan jadi jutawan keesokan harinya. Sedangkan ibaratnya gua ini adalah seprang advokat kuat dengan pendekatan siap-tembak, strategi tesebut betul-betul membutuhkan apa yang akan kelak elu dapetin. Siap-tembak-tembak-tembak-tembak cumak akan bikin kaco.

Sisihkan waktu sebentar untuk menentukan sebuah strategi dasar penghasil-pendapatan buat situs elu. Jika elu bego dalem bidang strategi, maka elu minimal punya ide umum bagaimana elu mau cari duit. Elu nggak perlu rencana-bisnis yang serius, hanya sebuah 'pernyataan' tentang bagaimana elu merencanakan untuk mendapatkan mulai dari $0 per bulan sampai berapapun tujuan anda. Permulaan target tujuan gua dulu ketika gua pertamakali memulai situs ini adalah $3000 per bulan. Mungkin agak terlalu kecil sih, yang jelas gua tahu kalo gua bisa menghasilkan segitu sebulan, berarti gua bisa dapet lebih banyak lagi dan $3000 itu cukup buat gua waktu itu. Gua dapet level segitu setelah 15 bulan umur situs ini (bulan December 2005). Dan semenjak itu terus melaju dengan mantabnya. Penghasilan dari blogging sebetulnya sangat mudah buat mempertahankannya. Ini jauh lebih aman daripada kerjaan kantoran. Nggak ada yang akan mecat gua, dan kalo pendapatan dari satu sumber sudah habis, gua tingggal ngganti dengan yang lain. Tar deh gua tulis penghasilan yang bermacam-macam setelah ini…

Apakah elu akan menghasilkan duit dari iklan, komisi afiliasi, penjualan produk, donasi, atau yang lain? Mungkin juga elu pingin kombinasi dari semua itu. Apapun yang elu pilih, tulis strategi elu di kertas. Gua cumak butuh 15 menit untuk menghasilkan setengah halaman ringkasan dari strategi cari uang gua. Gua cumak mengulangya sekali setahun dan mengevaluasi sekali sebulan. Sudah gampang, dan membantu gua ke arah mana gua akan tuju. Itu juga bisa bikin gua cepat berkata tidak ke kesempatan yang tidak sejalan dengan rencana gua.

Selalulah mengacu ke strategi cari uang elu (atau filosofi) ketika elu butuh untuk keputusan desain web lu. Walopun elu mungkin punya banyak sumber penghasilan, putuskan yang mana yang bakal elu jadikan penghasilan utama, dan desain situs elu buat mereka. Kalo elu butuh mengarahkan orang ke -misalkan- order form, atau apakah elu bakal narok iklan di seluruh halaman situs? Strategi cari uang yang berbeda akan menghasilkan pendekatan desain yang berbeda pula. Pikirkan tentang tindakan khusus yang elu pinginin supaya pengunjung situs elu akhirnya bisa menghasilkan uang buat elu.

Ketika memutuskan strategi cari uang lu,gak papa kalo mau curang dikit. Jangan mencoba menemukan kembali teknologi roda wong roda sudah ada gitu lho. Contoh saja stategi orang lain yang elu yakinin bakal bisa elu lakuin juga. Jangan tiru isi atau lay out orang lain (soalnya ini pelanggaran hak cipta), tapi catatlah bagaimana mereka menghasilkan uang. Gua mutusin untuk menghasilkan uang dari situs ini dengan iklan dan afiliasi setelah melakukan penelitian bagaimana blogger yang sukses menghasilkan uang. Baru kemudian gua tambahin link donasi juga. Dan ini merupakan kombinasi yang bagus.

Traffic, traffic, traffic
Anggaplah lu pade pada PD buat ngasilin duit dari blog elu ( lagian gua juga blon nakut2in elu inih…ya gak ?), tiga kata pusaka yang elu mesti inget terus adalah traffic, traffic, dan traffic. Buat gambaran ajah, di bulan April 2006 site gw menerima lebih dari 1,1 juta pengunjung dan lebih dari 2,4 juta page views. Itu berarti hampir tiga kali lipat hanya dalam jangka waktu enem bulan !

Kenapa sih traffic begitu penting? Karena kebanyakan cara untuk mendapatkan duit dari internet adalah fungsi dari traffic. Jika elu bisa bikin dobel traffic elu, kemungkinan penghasilan elu dobel juga (anggeplah secara demografik pengunjung elu tetep). Elu boleh tidak ambil pusing dengan factor yang lain, jika elu sudah bisa dapet traffic yang manteb, Kalo traffic sudah tinggi, susah buat gagal :P. Dengan traffic yang cukup, resiko terbesar adalah paling elu suka ngutak-atik web elu biar dapet duit yang lebih banyak lagi (asal elu bisa njaga pengunjung web elu stabil).

Pas gua pertama kali ngluncurin blog ini, gua udah tahu kalo bikin traffic yang tinggi merupakan tantangan terbesar gua. Semua rencana gw gua kerahkan demi pengembangan traffic. Jika gua gak bisa ngembangin traffic, sudah jelas susah untuk sukses. Jadi gua belum mulai mengomersilkan situs gua selama beberapa bulan awal. Saat itu gua terfokus ke traffic building. Bahkan setelah 19 bulan, traffic building masih tetep menjadi bagian penting dari rencana komersil gua. Level traffic gua sekarang, setahu gua masih belum ngasilin duit yang banyak, tapi gak masalah sih. Sekarang yang lebih penting buat gua adalah terus mengembangkan situs ini, dan seiring dengan itu gua masih optimis uang akan mengalir.

Traffic ibaratnya adalah bahan bakar penghasil duit secara online. Makin banyak pengunjung berarti makin banyak klik iklan, makin banyak produk terjual, makin banyak penjualan afiliasi,makin banyak donasi, makin banyak permintaan konsultasi, dan makin banyak apapun yang bisa menghasilkan uang buat elu.

Hanya dengan ngandelin traffic, lu mesti tahu bahwa dilihat dari apapun yang kaya akan semakin kaya. Traffic yang tinggi memicu lebih banyak lagi kesempatan traffic-building yang nggak mungkin bisa dilakuin situs yang punya traffic rendah. Rata-rata ada 20 bloggers yang nge-link ke gua tiap harinya, artikel-artikel gua dengan mudahnya menyusup di deretan teratas situs-situs macem del.icio.us, dan gua semakin banyak mendapat permintaan wawancara dari radio. Malah di awal tahun ini gua diliput USA Today dan di Self Magazine, yang kalo digabungin punya pembaca berjuta-juta. Para wartawan bisa tahu gua karena melakukan googling di topic yang gua tulis. Kesempatan2 seperti itu nggak mungkin terjadi pas waktu gua dulu baru mulai. Situs yang popular jelas-jelas punya keuntungan besar. Semakin banyak traffic eluh, semakin banyak yang bisa lu dapet.

Jika elu pinter dan web savvy, lu juga ntar bisa sih punya situs web yang punya trafik tinggi. Dan elu bisa meningkatkan lagi traffic untuk dapet traffic yang lebih tinggi lagi.

How to build traffic – Bagaimana sih kita membangun trafik ?
Nah, sekarang kalo kita udah sadar kalo traffic itu penting bagaimana kita harus mulai membangun dari dasar ?

Gua udah nulis sebuah tulisan yang panjang tentang topik ini, jadi gua tuntun elu ke sono ajah: Bagaimana membangun sebuah situs web atu blog yang bertraffic tinggi. Jika elu gak punya waktu buat baca sekarang, silahkan dibookmark atau diprint. Tulisan itu intinya memuat tentang filosofi umum gua tentang traffic-building, yang pada intinya adalah menulis tulisan asli elu yang berharga buat pengunjung elu. Gak ada permaenan ataupun gimmicks dalam hal ini.

Meski begitu ada satu kiat traffic-building yang penting yang bakal gua sajikan disini.
Blog Carnivals. Ambil keuntungan penuh dari blog carnivals ketika elu baru mulai ngeblog. Secara terjadwal coba mulai kirim tulisan terbaik elu di carnival yang paling sesuai dengan tema blog elu. Carnivals adalah cara paling mudah untuk mendapatkan link dan traffic, dan yang paling mantebnya adalah, GRATIS! Lagian ngirim juga hanya butuh waktu beberapa menit inih . Coba gunain form sign-up sederhana di Conservative Cat. JANGAN pernah bikin spam di carnivals dengan materi yang gak berhubungan — kirimlah hanya artikel-artikel yang berhubungan.

Di awal pembangunan trafik gua, gua kirim ke carnivals sekali seminggu, dan ini sangat membantu jumlah pengunjung, bayangin aja dari hampir gak ada pengunjung sampai mencapai 50.000 pengunjung per bulan ! Tetep saja elu mesti masih harus menghasilkan tulisan-tulisan yang bagus, dan tentu saja carnivals masih bisa meroketkan blog/situs elu. Carnivals itu semacem tempat bagi pelawak amatiran untuk menunjukkan bakat mereka di panggung. Sampai sekarang pun gua masih suka mengirim ke beberapa carnivals, tapi karena traffic gua udah begitu tingginya dan punya posisi tawar, mereka ga begitu ngefek lagi. Hanya untuk menaikkan trafik gua sebesar 1% dalam satu bulan, maka gua butuh 11.000 pengunjung baru, dan meskipun carnivals yang paling bagus pun gak bakalan bisa ngasilin angka segitu. Tapi bagusnya elu bisa memanen belasan bahkan mungkin ratusan pelanggan baru dari tiap putaran pengiriman carnival, jadi memang carnival merupakan tempat yang bagus buat mulai. Dan, sangat mudah :P.

Jika traffic elu masih belum tumbuh selama berbulan-bulan, apakah berarti elu telah melakukan kesalahan ? Kelihatannya sih elu kurang bener dalam melakukannya. Sekali lagi, membuat kesalahan bukan masalah besar. KEHILANGAN KESEMPATAN lah yang merupakan masalah terbesar !

Will putting ads on your site hurt your traffic? Apakah naro iklan di situs elu bikin trafik jeblok ?
Inilah contoh ketakutan umum yang sering gua denger dari orang-orang yang mau mengomersilkan situs web mereka:

Naro iklan di situs gua bikin trafik situs berkurang. Iklan-iklan itu bikin orang-orang malah pergi, dan jarang yang mau balik lagi.

Weleh, kalo menurut pengalama gua sih hal seperti ini bener-bener, berani taruhan, tentu saja… SALAH. Gak bener itu. Lihat saja apa yang terjadi di traffic gua pas gua masang iklan di situs gua. Kaga ngaruh men ! Coba tebak lagi ketika gua malah nambahin iklan yang lebih banyak dan link donasi. Kagak ngaruh ! Gua bisa membuktikan kalo ngak ada efek buruk masang iklan pada trafik kita. Traffic tetep melaju kenceng dengan tingkat yang sama dengan seblon ada iklan di situs gua. Kenyataannya malah mbantu gua sedikit, karena beberapa blogger malah nge-link ke situs gua untuk ngasih tahu bahwa mereka terganggu dengan tata letak iklan gua. Gua serahin ke elu pade kalo mau berteori tentang hal itu sih ! Gua bilang sih ini mungkin disebabkan karena banyaknya iklan online, sehingga orang sudah muak begitu masih ada iklan di situs gratisan, jika mereka menghargai isi, pasti mereka masih balik lagi,walopun kata mereka yang nggak suka iklan mbosenin.

Setiap orang sehat dan dewasa pasti paham lah kalo setiap blogger juga manusia, butuh duit juga dari hasil keringat mereka. Gua sih beruntung, pengunjung situs gua sudah pada dewasa semua — anak kecil biasanya tidak tertarik ke pengembangan pribadi. Untuk menciptakan tulisan kayak gini aja butuh usaha yang keras lho, belum lagi kalo inget bagaimana susahnya nyari duit pas awal-awal dulu wuih, pokoknya keras deh.

Boleh percaya boleh tidak, tulisan ini gua buat lebih dari 15 jam buat nulis dan ngedit.

Pantes kan kalo dapet duit? Jika elu gak dapet manfaat dari tulisan ini, elu nggak rugi juga kan? Enak kan? Semakin banyak suatu blog menghasilkan uang, semakin banyak yang bisa gua taro di situ. Contohnya, Gua sisihkan pendapatan gua dulu buat ngebeli peralatan buat podcasting dan nambahin podcast di situs ini. Gua sudah merekam 13 episode sejauh ini. Dan podcast-podcast itu gratis !! Gua juga berencana menambahkan layanan baru di situs ini bebrapa tahun ke depan. Semakin banyak duitnya = semakin bagus layanannya.

Pada waktu gua nulis tulisan ini,situs gua begitu banyak iklannya. Beberapa orang menuduh gua nggak menyadarinya:

“Tahu gak lu, Steve, situs web elu kebanyakan iklan tuh, sepet kite.”

Tentu saja gua sadar men, wong gua yang narok iklannya kok. Yang perlu elu tahu, ada alasannya gua narok iklan seperti itu jadi bukan asal saja. Mereka efektif! Buktinya orang-orang masih saja ngeklik tuh iklan. Lha kalo enggak efektif ntar juga gua copot sendiri, gitu aja kok repot ! dan tentu nyoba yang laen..heheheh

Gua beneran menghindari narok iklan yan ggua sendiri saja jijik kalo liat di situs orang lain, termasuk diantaranya pop-ups dan interstitials (sesuatu yang terbang melintasi layar elu). Walopun mereka bikin gua tambah kaya, mereka bakal bikin merosot pengunjung nantinya.

Gua juga menyediakan dua tempat yang bebas iklan, jadi kalo elu nggak suka iklan, elu masih tetep bisa baca artikel gua tanpa iklan. Pertama, gua menyediakan sebuah full-text RSS feed, dan setidaknya ampe sekarang masih ad-free. Terus terang gua suka nyelipin permintaan donasi di bagian bawah feeds gua.

Jika elu pingin liat traffic data actual situs ini, coba lihat di table pertumbuhan trafik di tahun 2005. Gua narok iklan pertama kali di situs ini di bulan Februari 2005, dan walopun di table itu enggak terdapat data bulan seblon Februari, tingkat pertumbuhannya nggak beda jauh. Buat sumber yang independent elu bias melihat di table trafik gua di Alexa.

Multiple streams of income – Sumber pendapatan yang bermacam-macam
Jangan pernah narok telur di satu keranjang. Pikirkanlah sumber pemasukan yang bervariasi. Di situs ini gua punya enam sumber pendapatan. Bisakah elu pada ngitung ? Nih daftarnya:
1.Google Adsense ads (pay per click dan pay per impression advertising)
2.Donations (via PayPal atau snail mail — ya, ada aja orang yang ngirim check)
3.Text Link Ads (terjual setiap beberapa bulan tetap)
4. Chitika eMiniMalls ads (pay per click)
5.Affiliate programs seperti Amazon dan LinkShare (komisi penjualan produk, terutama buku)
6.Advertising yang gua jual kepada pengiklan pribadi (berdurasi tiga bulanan atau lebih)
Catatan: kalo elu baca tulisan ini setelah beberapa lama dari tanggal publikasinya maka daftar itu kemungkinan berubah. Soalnya gua suka bereksperimen dengan berbagai sumber pendapatan itu.

Adsense adalah sumber pendapatan tunggal tebesar gua, tapi bukan berarti yang lain nggak ngasilin. Setiap sumber menghasilkan lebih dari $100/bulan. Penghasilan kedua gua yang terbesar adalah donasi. Rata-rata donasi yang gua terima adalah $10, dan ada juga yang nyumbang gua sebesar $100. Hanya butuh sejam bikin account PayPal. Jadi meskipun isinya gratisan kayak punya gua ini, berikan kesempatan kepada pengunjung anda untuk menyumbang secara sukarela seikhlasnya. Ini bersifat saling menguntungkan. Gua sangat berterima kasih kepada pengunjung yang sangat mendukung saya. Dan itu juga sekaligus merupakan umpan balik yang bagus juga, karena gua tengarain bahwa ada beberapa tulisan gua yang menghasilkan kenaikan sumbangan — ini berarti gua bernilai dan memberikan khalayak sebuah manfaat.

Hal-hal diatas bukanlah satu-satunya sumber pendapatan gua. Gua dapet duit secara on line semenjak tahun 1995. Dengan bisnis game computer gua, Gua punya penjualan langsung, hasil royalty, pemasukan dari iklan, pemasukan dari afiliasi, dan donasi (dari beberapa artikel gratis). Dan jika elu menengok sumber pendapatan istri gua, bener-bener menggelikan: iklan dari VegFamily.com, penjualan buku langsung, penjualan buku lewat distributor, konsultasi web, penghasilan dari afiliasi, Adsense, dan mungkin beberapa sumber yang gua lupa. Cukuplah gua bilang bahwa kita menerima cukup banyak check. Beberapa diantaranya sih berjumlah kecil, tapi kan banyak. Dan ini bener-bener beresiko rendah — jika satu sumber pemasukan mulai mengering, tinggal bikin sumber pemasukan baru saja. Nah untuk itu gua secara khusus mendorong elu untuk membikin blog elu sebagai tempat potensial untuk mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber.

Automated income – Pendapatan otomatis
Dengan perkecualian nomer enam, semua sumber pendapatan itu otomatis kerjanya. Gua gak perlu ngapa-ngapain lagi terkecuali menguangkan cek, dan di kebanyakan kasus gua malah gak perlu mencairkan cek soalnya sudah langsung ditransfer di rekening bank gua.

Gua seneng bener ama yang namanya pendapatan otomatis. Dengan blog ini sekarang ini gua enggak jualan apa-apa, nggak punya pegawe, nggak punya produk, nggak ada simpenan barang dagangan,nggak ada credit card processing, nggak ada penipuan, dan tidak ada pelanggan. Meski begitu gw masih bisa mendapatkan pendapatan (yang terus tumbuh) dengan sangat memuaskan.

Kenapa sih kita mesti nyari kerjaan kantoran dan mempertaruhkan hampir semua waktu dan energi kita seharian, padahal kita bisa mendapatkan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang akan bekerja buat elu ?

Bayangin, kalo tiap kita bangun pagi kita langsung nyalain komputer, dan memeriksa berapa penghasilan yang kita dapat pas kita tidur semalem. Percayalah, itu bener-bener suasana yang sangat-sangat menyenangkan.

Blogging software and hardware – Alat buat ngeblog
Gua nggunain WordPress buat blog ini, dan gua sangat menyarankannya. Wordpress punya banyak fitur dan interface yang solid. Dan elu gak bisa nandingin harganya bo — gratis tis ! Sisanya sih gua coding sendiri, gabungan antara HTML, CSS, PHP, dan MySQL. Gua kan programmer, jadi gua coding aja semuanya sendiri. Bisa aja sih gua nggunain template yang sak hohah banyaknya itu, tapi yang gua inginin adalah sebuah template yang sederhana dan mengena tanpa basa-basi, dan gua pingin blog ini kelihatan serasi semua isinya.Tambah lagi gua juga nggunain PHP dan MySQL untuk membikin utak-atik kreatif di luar blog, seperti the Million Dollar Experiment.

Gua gak nyaranin elu buat nggunain layanan gratis seperti Blogger jika elu bener-bener serius untuk dapet duit dari blog eluh. Elu gak punya control penuh soalnya. Jika elu gak punya URL lu ndiri, berarti elu nggunain layanan yang bukan punya elu dan malah membesarkan harta orang lain. Elu kan mau bikin page rank buat link lu sendiri bukan punya orang kan ? Lagian elu pengen mengontrol penuh semua layout dan desain situs elu kan ? Jadi elu bisa langsung ngutak-atik sendiri tanpa khawatir direcokin orang. Jika elu nggunain blog gratisan, elu mengharapkan belas kasihan yang punya hosting, dan itu berarti elu sudah mengambil resiko mengorbankan pendapatan elu di masa depan di tangan mereka. Memang sih agak repot dan mahal buat nge-host sendiri tapi pikirkan manfaat jangka panjangnya.

Lagian hare gene Web hosting kan murah sekali , dan ada puluhan hosting yang murah dan bagus buat elu pilih. Gua saranin sih Pair.com untuk nge-host web elu. Memang agak mahal, tapi mereka bias diandelin dan punya dukungan yang manteb.Gua tahu banyak bisnis online yang nge-host di server mereka, dan bini gua juga nyaranin kebanyakan kliennya di perusahaan hosting itu.

Semakin banyak traffic di situs elu, mungkin sudah saatnya elu upgrade hostingan elu di layanan dedicated server atau virtual private server (VPS). Websites gua ini di host sama ServInt.net. Yang paling gua sukai dari ServInt adalah mereka punya skema upgrade yang manteb seiring dengan traffic gua yang semakin tinggi. Gua udah beebrapa kali melakukan beberapa upgrade, dan semuanya berjalan lancar dan mulus. Yang paling menyenangkan kalo punya server sendiri adalah elu bisa bikin situs sebanyak yang elu mau sepanjang kapasitas server.Gua punya beberapa situs di server gua sendiri, dan nggak nambahin ongkos hosting untuk nambah situs yang lain.

Comments or no comments – Sebaiknya blog elu dikasih komentar atau nggak ?
Pas gua mulai blog ini, gua mulai dengan membolehkan komentar. Setelah traffic mulai membrutal, begitu pula dengan komentar yang masuk. Ditinggal berapa hari aja sudah ada lebih dari 100 komentar. Gua tandain kalo gua malah lebih sering ngurusin komentar daripada nulis artikel, dan semenjak itu gua mulai mikir, apa iya sih seberharganya komentar ? Sekarang mulai jelas, kalo traffic elu sudah begitu tingginya maka hanya ada dua pilihan, gua musti mengubah pendekatan selama ini ato malah mati mbalesin komentar yang masuk. Soalnya soal-soal pemngembangan diri yang gua tulis jelas mengundang banyak komentar masuk. Satu komentar diikuti komentar yang lain malah jadi diskusi panjang. Bayangin aja dengan puluhan ribu pembaca, berapa komentar yang musti gua tanggepin. Gila kali ye ? Belum lagi buat ngilangin komentar spam….weleh bisa habis umur disitu.

Tapi setelah ngeliat lagi statistic gua, segera gua sadarin bahwa hanya sedikit pengunjung yang melihat komentar dan lebih sedikit lagi yang ngirim komentar (sekitar dibawah 1% dari total pengunjung). Jelas itu bikin keputusan gua buat ngilangin komentar makin bullet ajah, dan di bulan October 2005, gua matiin tuh fitur komentar, nyaho siah ! Setelah gua pikir-pikir, itu merupakan keputusan terbesar gua ternyata,coba gua lakuin lebih awal dulu.

Jika elu mau tahu secara detail tentang bagaimana gua sampai pada keputusan itu, udah gua tulis di artikel seblonnya: Blog Comments and More on Blog Comments.

Apakah elu butuh komentar buat naikin traffic lu ? Jelas tidak. Seperti kalo gua naro iklan, gua gak lihat tuh ada penurunan jumlah pengunjung gara-gara gua matiin komentarnya. Malah itu ngebantu gua. Walopun gua nggak kasih lagi sarana buat komentar tetep gua aktifin trackbacks , semenjak itu makin banyak trackbacks yang masuk. Jika orang pingin berkomentar tentang tulisan2 gua mereka bias ngelakuin itu di blog mereka sendiri dan bikin link ke tulisan gua. Jadi, menghapus fitur komentar tidak akan membunuh diskusi — cumak berubah tempat saja. Jumlah trackback sudah lebih dari cukup.Kadang gua malah ngisi komentar di beberapa situs orang lain tapi tanpa ada perasaan bersalah kalo gak nglanjutin, wong bukan di situs gua inih.

Gua sadar sih kalo orang itu sangat perasa apalagi tentang komentar di blog, ada semacam rasa ‘gotong–royong’. Banyak orang beranggapan bahwa blog yang tidak ada fitur komentarnya jelas bukan sebuah blog. Secara pribadi sih gua anggep itu omong kosong — ha wong nggak didukung data sama sekali lho. Mayoritas pembaca blog jarang yang membaca penuh tulisan, boro-boro ngasih komentar. Hanya sedikit orang yang begitu peduli untuk berkomentar. Sebagian bloggers bilang kalo komentar bisa naikin trafik, tapi gua lihat sih nggak ada buktinya. Malah gua bilang sih sebaliknya.

Mengatur komentar yang masuk mengurangi waktu buat nulis tulisan baru, jauh lebih baik untuk mendapatkan trackback dan sebuah link dari blog orang lain daripada sebuah komentar di blog eluh.

Seperti yang sudah diketahui pembaca setia blog gua, kalo gua mulai ragu gua lebih suka dua-duanya gua coba dulu baru nanti dibandingin asil akhirnya. Setelah gua coba semuanya hasilnya ini: No comment alias gak perlu ada fitur komentar !

Sekarang jika elu ngasih komentar buat situs yang tidak meduliin traffic seperti gossip dan cari teman baru, ya sudah gak papa. Cumak jangan pernah beranggapan bahwa komentar itu bisa menolong naiknya traffic terkecuali lu sudah nge tes sendiri.

Build a complete web site, not just a blog – Bikin sebuah Website yang komplit, bukan sekedar blog
Jangan membatasi situs web elu dengan blog doing blog. Bikin aja lagih ! Walopun kebanyakan pengunjung gua lewat blog ini, tapi banyak situs yang gua bikin di sekitarnya. Contohnya, home page dari situs ini menampilan kilasan semua bagian dari situs ini,termasuk blog, bagian tulisan, bagian audio , dll. Masih banyak orang yang nggak tahu apa sih blog itu ? Jadi jika seluruh situs lu adalah cumak blog lu, orang-orang itu mungkin masih belum begitu ngeh.

Testing and optimization – Percobaan dan pengoptimalan Blog
Di awal-awal elu belum bisa tahu mana aja yang bisa jadi sumber utama pendapatan blog elu. Jadi coba aja semua yang masuk akal bagi eluh. Jika elu mulai belajar tentang sumber pemasukan duit yang baru,coba aja satu dua bulan, dan ukur hasilnya, bagus enggak Suka suka aja kalo mau ngilangin sumber penghasilan yang nggak bagus buat eluh, dan dandanilah lebih bagi sumber pendapatan yang menghasilkan duit yang nyata.

Beberapa bulan yang lalu gua ngedaftar Text Link Ads. Cumak butuh waktu 20 menit. Mereka menjual iklan text di situs gua, paro-paro penghasilan dengan gua, dan menyimpan penghasilan gua secara otomatis di rekening PayPal gua.

Bulan ini saja gua dapet sekitar $600 dari mereka, mungkin malah bisa lebih kalo mereka bisa menjual iklan-iklan baru selama sebulan ini.

Dan ini bener-bener pasif income. Bayangin kalo gua nggak nyoba ini, bisa ilang kesempatan dapet pendapatan sampingan kan ?

Selama beberapa bulan gua udah ngulik Adsense ads di situs ini. Gua coba warna-warni yang berbeda, ukuran, layouts, dll. Sampai sekarang pun gua masih berkesperimen terus, dan yang sekarang elu lihat ini sudah manteb banget rasanya. Hasilnya sangat memuaskan buat gua. Adsense nggak mengijinkan publishers untuk memperlihatkan specific CPM dan CTR data, yang jelas punya gua bener-bener melejit. Memang mula-mulanya kayak nggak ada pengharapan sih tapi elu bisa dengan mudah melipatgandakan hasil Adsense eluh dengan merubah lay out yang menyedihkan menjadi yang bagus. Inilah sebabnya kenapa selama pendapatan tahun pertama gua, traffic gua tumbuh 20% tiap bulan, tapi pemasukan tumbuh 50% per bulan ! Seringnya gua mengetes untuk pengoptimalan adsense menghasilkan uang yang memuaskan. Banyak test gua yang gagal sih dan bikin pemasukan jeblok tapi tetep aja gua seneng dengan coba-coba itu. Coba kalo gua nggak maen tes-testan kayak gitu, mungkin hasil Adsense gua gak sebanyak sekarang.

Lagian nggak ada ruginya kok coba-coba. Setiap ada layanan iklan baru ataupun afiliasi yan gua coba selama ini semuanya gratisan ! Seringkali gua bisa nambahin calon sumber pendapatan hanya dalam waktu kurang dari sejam dan gua lihat sebulan setelah itu bagaimana hasilnya. Kalo gagal minimal gua belajar sesuatu kan ? Kalo berhasil jelas menyenangkan kan ? Sebagai seorang blogger yang pingin dapet pemasukan elu mesti selalu coba-coba dengan sumber pendapatan baru. Jika elu belum nyoba apapun selama enem bulan,sudah jelas elu kehilangan kesempatan banyak. Setiap blog itu unik, jadi elu perlu ngetes segala sesuatu sendiri seblon liat hasilnya pigimanah. Kegagalan adalah sesuatu yang nggak mungkin terjadi disini — kalo nggak sukses setidaknya elu belajar sesuatu.

Pick your niche, but make sure it isn’t too small – Ambil dimana lu punya keahlian, tapi jangan yang terlalu kecil
Ambilah bidang keahlian yang bener elu kuasain di blog elu, tapi pastikan bahwa keahlian elu itu diminati banyak orang jadi elu bisa mulai membangun traffic. Bini gua njalanin VegFamily.com, sebuah situs popular bagi kalangan vegetarian. Dia ahlinya di bidang itu, dan komunitas vegetarian bukanlah komunitas yang kecil. Di lain pihak, topik yang gua pilih yaitu pengembangan diri malah pasti lebih besar lagi peminatnya. Secara potensial setiap orang sangat tertarik buat mengembangkan diri mereka, dan itu bisa sangat fleksibel pengembangannya seperti produktivitas, disiplin diri, hubungan antar personal, spiritualitas, kesehatan dan banyak lagi. Semuanya relevan dalam pengembangan diri.

Ambil bidang yang elu sendiri sangat suka dan tertarik betul buat mengembangkannya. Gua udah menulis kuranglebih 400+ artikel sejauh ini, dan tetep saja gua masih merasa bahwa gua baru memulai. Lagian gua nggak merasa bosan sama sekali tuh ? Gua milih untuk bikin situs pengembangan diri ini karena gua sangat berpengetahuan, berpengalaman dan sangat tertarik dengan bidang itu. Gua nggak bisa mbayangin bakal nulis apa selain bidang yang gua kuasain ini.

Ingat, jangan coba menulis satu bidang hanya karena lu pikir bakal mendatangkan duit. Dah sering gua lihat banyak bloggers yang mencoba melakukannya, jelas itu salah satu resep paling ampuh buat gagal. Coba pikir apa yang paling elu sukain, dan kemudian coba temukan sebuah cara supaya topic elu menarik buat pemirsa global. Dan pertimbangkan apa yang bisa elu sumbangin ( asli dari pendapat elu ) buat mereka. Ini hanyalah apa yang elu berikan ke orang lain.

Topik yang cukup luas menarik pengiklan potensial. Jika gua tetep nulis subtopic yang sama terus menerus, mungkin gua bisa kekurangan pengiklan dan jelas menurunkan pendapatan. Tapi dengan menulis banyak topic yang berbeda di bawah payung yang sama, berarti gua memperluas lahan buat pengiklan potensial. Dan itu berarti gua sekaligus semakin membikin menarik situs gua.

Bikinlah dengan jelas kepada pengunjung anda tujuan blog anda. Sering gua lihat sebuah blog dengan judul dan tagline yang cerdas tapi gak ada hubungannya sama sekali dengan isi situsnya. Kalo ketemu yang ginian gua anggep itu hanya sebuah jurnal pribadi dan gua pindah ke situs lain. Gua sih pingin cerdas juga, tapi menurut pengalaman gua, kejelasan jauh lebih menghasilkan dari hanya sekedar kepintaran.

Posting frequency and length – Frekuensi posting dan panjang artikel
Para Blogger punya beragam pendapat tentang berapa sih panjang tulisan dan seringnya mengirim tulisan di blog yang paling optimal. Ada yang bilang bahwa paling bagus itu tulisan pendek saja (250-750 kata) dan tulislah sekitar 20x per minggu atau lebih. Gua juga lihat bahwa strategi itu berhasil untuk beberapa orang, tapi gua malah putuskan untuk melakukan hal yang sebaliknya. Biasanya gua nulis sekitar 3-5 tulsian per minggu, tapi tulisan gua bener-bener panjang (sekitar 1000-2000 kata, malah kadang lebih dari 5000 kata, termasuk babon yang lagi elu baca ini). Itu bukan karena gua gak seneng nulis yang pendek tapi gua suka nulis yang bener-bener sampai tuntas. Apalagi setelah gua tahu kalo tulisan yang dalem lebih banyak mendatangkan link dan referral dan jelas semakin menggelembungkan traffic. Memang bener hanya sedikit orang yang baca karena butuh waktu yang lama, tapi yang baca sampai tuntas akan menikmati nilai-nilai yang berharga dan selalu mengingat situs gua.

Expenses – Biaya yang dikeluarkan
Blogging jelas murah sekali.
Gua nggak mengeluarkan duit buat iklan dan promosi sama sekali, jadi biaya marketing gua adalah nol. Isi tulisan gua lah yang menjadi alat promosi gua. Jika elu suka tulisan ini, elu mungkin bakal banyak menemukan mutiara tersembunyi didalemnya.

Satu-satunya biaya yang gua keluarin untuk situs ini adalah buat hosting (sekarang ini gua bayar $149/bulan untuk web server dan bandwidth) dan pembaharuan nama domain ($9/tahun). Hampir semua pendapatan dari situs ini adalah laba bersih. Dan itu jelas pendapatan pribadi gua, tentu saja dipotong pajek pendapatan dulu. Tapi biaya untuk bisnis bener-bener minimal.

Kenapa gua mau bayar mahal buat hosting ? Sederhana saja : traffic. Jika traffic gua sedikit, bisa aja sih gua pake hosting murah. Sebuah blog yang berdasar pada database bisa menjadi sumber traffic yang tinggi. Dan itu berlaku juga buat forum online . Selagi traffic semakin tinggi, jelas biaya hosting hosting gua juga semakin meninggi, tapi tetep saja itu masih kecil sekali dibanding dengan total pendapatan gua.

Perks – Keuntungan Sampingan
Tergantung sifat dari blog lu, elu mungkin bisa menikmati keuntungan dari pertumbuhan traffic elu. Hampir setiap minggu gua dapet buku-buku tentang pengembangan pribadi melalui kiriman pos (buat di-review di situs ini). Terkadang malah pengarangnya sendiri yang nganterin; belum lagi penerbit yang ngirimin gua buku sak hohah. Gua juga dikirimin CD, DVD, dan banyak lagi produk-produk pengembangan diri lainnya. Kadang sih memang susah buat ngebaca semua itu (masih ada antrian selusin buku noh di kamar), tapi emang gua penggemar fanatik buku-buku macem begitu, jadi ya gua baca aja secepat gua mampu. Kalo buku itu bikin gua terpekur karena dapet 'sesuatu' langsung gua bikin resensinya buat pembaca blog gua. Tapi mesti lu semua harus tahu, standard gua tinggi lho jadi gua review kurang dari 10% dari semua bahan yang gua terima tadi. Selama ini gua udah baca sekitar 700 buku dan dengerin kaset, jadi gua rasa gua cukup jagoan buat nyaring semua itu. Seperti yang gua bayangin selama ini, memang banyak sekali sih bahan-bahan buat self-help di luar sana.

Kriteria gua biar produk itu bisa gua review di blog gua adalah satu, harus asli, mempesona, dan bagus. Jika enggak masuk kriteria itu nggak gua review walopun diiming-imingi duit afiliasi yang sak hohah banyaknya. Gua nggak akan mengecewakan pembaca blog gua ini hanya demi segepok duit panas. Cari uang bukan motivasi utama situs ini.Motivasi utamanya adalah untuk tumbuh danmendorong yang lain biar tumbuh juga, itu yang harus jadi prioritas nomer satu.

Blog elu juga bisa bikin elu berpengaruh. Sebuah blog yang punya trafik tinggi bisa jadi corong media yang potensial, pokoknya elu sudah termasuk kalangan pers lah, dan memang begitu. Tiga hari ke depan gua sama bini gua bakalan menghadiri sebuah seminar tiga hari lewat apa yang dinamakan sebagai free press pass. Harga tiket umum seminar ini adalah $500 per orang. Gua bakal nulis review penuh untuk seminar berikutnya di minggu depannya lagi . Gua sudah sering menghadiri seminar-seminar semacam ini semenjak tahun 2004, jadi memang gua udah makan asam garam dalem hal ginian mah. Dr. Wayne Dyer yang akan jadi pembicara utamanya.

Disamping itu gua juga nggunain kepopuleran blog ini buat mewancarai orang yang memang gua kagumin. Inilah indahnya kerjasama saling menguntungkan karena menghasilkan nilai plus buat gua sendiri, pembaca blog gua, dan orang yang gua wawancarai. Baru-baru ini gua nulis sebuah wawancara khusus dengan multi-jutawan Marc Allen sekaligus wawancara mengenai buku terakhirnya, dan masih banyak jadwal interview yang mengantri di belakang. Mengingat sulitnya buat meyakinkan orang untuk melakukan wawancara, apalagi buat membagi-bagikan kiat-kiat sukses secara gratis.

Motivation - Motivasi
Gua yakin elu gak bakal dapat banyak kalo uang menjadi motivasi nomer satu elu dalam dunia blogging. Elu mesti harus tergerak oleh sesuatu yang lebih besar dari sekedar uang. Uang itu barang beku. Ini seperti lapisan terdalam di kue ulang tahun. Dan kue ulang tahun gua adalah pengembangan diri – bukan seperti “cepet dan mudah” seperti yang ada di iklan-iklan sampah itu lho, tapi bener-bener tumbuh kembang yang bisa menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik. Itu adalah hasrat gua. Menggelontor uang diatasnya hanyalah tambahan minyak ke atas api, tapi asal elu tahu aja, api itu tetep ada disana dengan atau tidak ada uang.

Jadi apa hasrat tertinggi elu? Jadi apa yang elu mau tulis jika elu mau memutuskan nge-blog seumur hidup ?

Blogging lifestyle – Gaya hidup seorang blogger
Mungkin bagian terbagus yang dihasilkan blog adalah kebebasannya.

Gua kerja di rumah dan menentukan waktu kerja gua sendiri. Gua nulis kapanpun gua dapet ilham buat nulis (bagi gua sih sering banget). Belum lagi gua bisa meluangkan waktu buat ngelakuin apa yang paling gua sukai — bekerja untuk pengembangan diri dan menolong orang lain biar bisa berhasil kaya gua. Nggak ada lagi yang gua pinginin selain yang kayak gini.

Mungkin bener bahwa 99 dari 100 orang nggak bisa dapet penghasilan yang cukup dari ngeblog. Tapi siapa tahu, yang satu itu adalah elu .

Sumber : http://bikinblogger.blogspot.com/2007/04/monetize-blog-bagaimana-mendatangkan.html

1 comments:

Blogger October 11, 2016 at 9:58 PM  

If you're looking for a reputable contextual advertising network, I suggest you take a peek at Clicksor.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP