Monday, October 11, 2010

Kelebihan dan kekurangan Berbagai Macam Shoutbox

Ada banyak shoutbox baik yang berbayar maupun yang gratisan. Bagi para blogger, shoutbox digunakan untuk komunikasi dengan pengunjungnya. Pada bagian ini akan kita kupas sedikit fungsi shoutbox, kelebihan dan kekurangan salah satu shoutbox, SHOUTMIX.

Pertama, apa sih fungsi shoutbox? Sesuai namanya, Shout dan Box, berarti menyediakan ruang untuk pengunjung blog kita agar bisa teriak-teriak, bersorak sorai, … . Shout berarti berteriak atau bersorai ria, maksudnya meningalkan pesan, ucapan atau hal lainnya sebagai salah satu jembatan penghubung antara pemilik blog dan pengunjung. Bahkan sebagian blogger memanfaatkannya untuk berpromosi sekaligus menambah traffic. Shoutbox juga bisa untuk berkenalan, saling tukar informasi dan sebagai ajang link exchange.

Saat saya blogwalking, banyak menjumpai berbagai blog dengan shoutbox beraneka merek dan rasa, berbagai bentuk dan warna. Dari berbagai aneka shoutbox, setidaknya ada 3 merek shoutbox, yaitu : shoutmix, cbox dan oggix. Meski masih ada yang lain semisal TagMe, Wdcreezz.com, Shouthuns, Meebo, Doneeh, Shoutme dan lainnya. Namun diantara nama2 itu ada yang sudah almarhum dengan berbagai alasan.

Oke mari kita kupas satu persatu kelebihan dan kekurangan shoutbox2 di atas:
1. SHOUTMIX – shoutmix.com
Shoutmix yang bermarkas besar di Selangor-Malaysia ini memberikan kemudahan tersendiri dalam pelayanannya, termasuk tutorial pemasangan pada Blogger, Bolt, Freewebs, Friendster, Wordpress, Xanga, dan Yahoo! Groups. Meski semua jenis shoutbox dasarnya hampir sama yaitu kemudahan dalam pengoperasian atau penginstalan ke dalam berbagai jenis blog namun dalam hal ini shoutmix memang sedikit berbeda.

Tan Wei Heng, warga negara Malaysia keturunan berusia 21 tahun sebagai pemilik sekaligus pengendali Shoutmix yang baru-baru ini meraih penghargaan anugerah belia Dot Com Youth’08 mempersiapkan shoutmix hampir selama 4 tahun sebelum launching, dan berkat ketekunan serta kesabarannya, Youth’08 akhirnya memberikan penghargaan dengan cek senilai RM.20.000.

Di bawah ini merupakan kelebihan features yang ditawarkan shoutmix, sedang features lainnya tidak saya sebutkan karena standar features shoutbox pada umumnya.
• Multilingual: Multi bahasa yang memudahkan pengguna menggunakan berbagai macam bahasa termasuk teks asing, seperti kanji, tagalog, urdu, turki dan lainnya.
• Animation dan Clickable smileys: Animasi dan emoticon merupakan suatu tambahan yang paling banyak digemari pengguna blog meski sebagian blogger dan webmaster menganggap emoticon hanya digunakan para dumies blog dan menggambarkan weblog/situs yang tidak profesional. Terlepas dari itu semua, emoticon memang bisa menggambarkan body language dari pesan seseorang. Dan shoutmix menghadirkan emoticon ini dengan popup windows.
• Auto linker: ini yang jarang dimiliki shoutbox lainnya. Dimana auto linker dapat mengconvert direct URL yang dikirim seseorang dalam pesan teksnya sehingga berbentuk seperti ini “[link]” hal ini tentu saja memaksimalkan fungsi shoutbox sebagai pengirim pesan berbasis teks.
• In-box storage: Ini pun berbeda dengan shoutbox sejenis, dimana Anda bisa melihat pesan yang telah lalu tidak harus membuka window baru.
• No pop-up ads: yupz, tidak ada iklan.

Segi keamanan, pengaturan dan fungsi admin (Anda) sebagai pemilik shoutbox.
• Anda bisa mendelete dan membuang pesan baik yang tidak Anda sukai maupun pesan berupa spam.
• Skin dan templatenya bisa Anda atur sedemikian rupa, banyak sekali pilihan yang tersedia dengan menggabungkan antara ukuran, style, dan warna. Untuk mencobanya Anda bisa melihat di www.shoutmix.com/main/styles.php.

Kekurangan shoutmix sebagai shoutbox basic (free).
• Penyimpanan arsip dalam shoutbox terbatas. Kecuali premium (bayar) dengan penyimpanan yang cukup besar sekitar 5 ribu pesan.
• Quota pesan terbatas sekitar 60 perjam itupun kadang sering TLR dan akhirnya PLP. Kecuali premium unlimited.
• Tidak ada arsip pesan. Kecuali premium, itupun mesti di download tiap bulan paling telat 3 bulan sekali untuk kita simpan sebagai arsip dan kenang-kenangan. Jika tidak…! Soutmix belum memberikan konfirmasi, apakah terbuang begitu saja atau tersimpan di servernya.
• Tidak ada online counter, status, maupun user list. Kecuali premium.
• Terdapat backlink shoutmix di atas dan di bawah (wajar). Tapi yang bawah bisa kita hilangkan, yang atas pun bisa dihilangkan tapi bayar.
• Tidak bisa membanned IP, URL maupun User yang meninggalkan pesan maupun URL yang bertentangan dengan kesadaran moral kita , misalkan meninggalkan URL ke daerah biru. Kecuali premium.
• Automatic refresh pesan yang masuk hanya 1x permenit. Untuk premium 10x permenit.
• Emoticon yang tersedia hanya 10. Untuk premium 500 smiley.
• Penyimpanan pesan dalam shoutbox sekitar 250 pesan. Premium mencapai 5000 pesan. Perbedaan yang mencolok.
• Tersedia 150 karakter. Premium 300.
Meski begitu tetap saja kita mesti bersyukur sudah dikasih layanan gratisan.
Untuk upgrade ke premium, shoutmix menawarkan jasa cukup terjangkau dan itu jika Anda menginginkan kepuasan, $2 per bulan.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP