Thursday, October 21, 2010

Cara Pasang Shoutbox (shoutmix) Di Joomla

Bagi para blogger mungkin rasa nya kurang mantab jika pada halaman blog nya tidak terpampang sebuah shoutbox yang memungkinkan para blogger lainnya untuk sekedar berkomunikasi atau hanya sekedar say”hello”, saling promosi dll, dan dalam dunia per-blog an banyak CMS yang tersedia seperti blogger, wordpress, drupal, mambo dan yang pasti tidak kalah mantab nya adalah joomla.

Kali ini akan dibahas bagaimana cara memasang shoutbox di joomla. Berikut langkah-langkah memasang shoutbox di joomla:
1. Daftar di situs penyedia shoutbox seperti shoutmix.com, myshoutbox.com, freeshoutbox dll.

2. Setelah daftar anda akan dibawa ke menu edit-mengedit tampilan shoutbox anda dan anda akan diberikan sebuah kode Javascript yang gunanya nanti untuk dipasang ke web joomla anda.

3. Setelah itu anda masuk ke bagian admin dari web joomla anda (pastikan bahwa web joomla anda sudah terpasang modul banner, karena modul ini biasanya sudah tersedia dari bawaan joomla itu sendiri sewaktu pertama kali menginstall joomla).

4. Lalu anda masuk ke menu “component”, cari component bernama “banner” dan kemudian pilih menu “categories”. Klik menu “NEW” untuk membuat category yang baru, berikan nama “shoutbox” pada category yang baru itu (boleh nama yang lain, suka2 anda).

5. Setelah selesai membuat category baru, silahkan masuk ke menu “component” lagi, lalu pilih menu “banner” dan kemudian disubmenu tersebut ada menu “banner” lagi dan masuklah ke submenu “banner” tersebut.

6. Setelah itu buat”banner” baru dengan meng-klik menu “NEW”. Tulis “name” dan “alias” dengan nama “shoutbox”. Biarkan semua settingan seperti semula kecuali “client” dan “category”, untuk “client” anda dapat bebas memilih. Ketika lagi memilih “category” pilihlah nama category yang sudah anda buat sebelumnya.(harap ingat nama client dan category nya).

7. Copy kan “javascript” yang sudah anda peroleh dilangkah kedua tadi, anda copy-kan ke “custom banner code” lalu save.

8. Lalu masuk ke menu “extensions” pada bagian “module manager” lalu pilih “NEW” kemudian pilih “banner” lalu pilih next. nah di sini anda dapat mengedit pada bagian kiri (parameter) yang ada tulisan “banner client” dan “category”, dan untuk menu yang sebelah kanan nya anda dapat sesuaikan dengan keinginan anda.

9. Dan pastikan anda sudah meng”enable” kan modul nya.
Selamat mencoba.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP