Wednesday, August 18, 2010

Kerja Offline VS Online

Mana yang harus diutamakan, kerja sehari-hari seperti biasa di kantor ataukah mencari pekerjaan online di kamar tidur? Pertanyaan ini kerap berulang kali menerpa, begitu mengenal yang namanya internet. Hal ini sampai bisa terjadi, karena katanya banyak orang "kaya mendadak dari internet". Melihat kisah sukses para master yang telah menjalankan berbagai bisnis online, sampai bisa menghasilkan jutaan rupiah dan dollar, membuat hati bersemangat untuk mengejar mimpi menjadi jutawan seperti mereka. Apalagi jika melihat iklan-iklan PPC yang "berbeda-beda namun seragam" menawarkan produk yang dalam hitungan menit bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan hanya modal koneksi internet, cukup membuat mata terbelalak, sehingga ketika aku baru awal-awal mengenal bisnis internet, rasanya ingin sekali keluar saja dari pekerjaan kantoran yang sangat membosankan ini dan berubah haluan bekerja online 100 presen.

Namun untungnya di balik manisnya cerita sukses para guru bisnis online, ternyata banyak sekali bahkan lebih banyak jumlahnya mereka-mereka yang pengetahuannya seperti Saya, modal nekad ingin menjalankan bisnis online sepenuhnya, malah gagal di tengah jalan dan putus asa serta akhirnya kembali menekuni pekerjaan offline. Mungkin para sahabat blogger yang lainnya pernah mengalami proses krisis atau proses pencarian jati diri seperti ini. Dan Saya bisa menarik kesimpulan bahwa untuk para newbie yang sudah punya pekerjaan offline, teruslah bekerja sungguh-sungguh di lapaknya, jangan sampai terpengaruh dengan iklan-iklan yang belum tentu hasilnya dalam berbisnis online sehingga meninggalkan karirnya di dunia nyata hanya demi mimpi yang belum terbukti.

Studi banding berbagai bisnis online, mencari guru yang tepat dan bertanggung jawab, menimba ilmu bisnis terlebih dahulu, mengecek kebenaran situs-situs bisnis di berbagai forum adalah langkah awal yang harus dilakukan bagi pemula jika ingin mendalami bisnis online. So, jangan lihat tawaran iklan yang menggiurkan yang menjanjikan cepat kaya, tapi lihat dulu siapa orangnya yang bertanggung jawab di balik situs itu, dan bagaimana tanggapan orang-orang terhadap bisnis itu di internet. Kalo positif bolehlah kita gabung.

Ingat bahwa untuk menjadi kaya, segalanya perlu proses dan pengorbanan yang tidak sedikit, baik waktu maupun materi. Mereka para guru bisnis internet yang sekarang sudah berhasil pun, butuh bertahun-tahun untuk membangun pondasi bisnis internet yang kuat dan menghasilkan, jadi bukan hitungan menit.

Jadi, mana yang kita pilih ?
1. Kerja offline
2. Kerja online
3. Kerja offline nyambil online
4. Kerja online nyambil offline
5. Setengah setengah

Semuanya tentu berpulang kepada diri kita. Kita yang punya rencana dan kita yang akan menentukan masa depan kita.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP